• Jumat, 2 Desember 2022

IMF Kritik Startegi Ekonomi Baru Inggris Terkait Krisis Biaya Hidup

- Rabu, 28 September 2022 | 10:29 WIB
psk Inggris (ist)
psk Inggris (ist)

Bekasikinian.com, Jakarta - Dana Moneter Internasional (IMF) secara terbuka mengkritik strategi ekonomi baru Inggris. Kritik tersebut ditujukan pada langkah-langkah yang diambil London untuk menghindari krisis biaya hidup saat ini.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Kwasi Kwarteng berencana menerbitkan utang baru senilai £72 miliar atau Rp 117 triliun untuk mendukung rumah tangga dan bisnis dari biaya energi yang tinggi. Pinjaman tersebut nantinya akan digunakan untuk mengkompensasi skema dan usulan pemotongan pajak untuk memuluskan beberapa rencana pemulihan ekonomi Perdana Menteri (PM) Leeds Truss.

Di sisi lain, Bank of England berencana untuk menaikkan suku bunga "secara signifikan" pada pertemuan berikutnya di bulan November. Hal itu dilakukan saat inflasi di dalam negeri sudah tidak terkendali.

IMF mencatat bahwa proposal Kwarteng dapat meningkatkan "ketidaksetaraan". Alasannya adalah bertentangan dengan kebijakan moneter yang diadopsi oleh Bank of England.

Baca Juga: Inggris Kalah dari Italia, Harry Maguire Rasakan Degradasi Kelima Sepanjang Karirnya

"Mengingat meningkatnya tekanan inflasi di banyak negara, termasuk Inggris, kami tidak merekomendasikan rencana fiskal skala besar yang tidak ditargetkan saat ini," kata juru bicara IMF kepada Reuters.

"Karena penting bahwa kebijakan fiskal tidak mencapai tujuan yang bertentangan dengan kebijakan moneter ... kami memantau perkembangan ekonomi baru-baru ini di Inggris dan terlibat dengan pihak berwenang," tambahnya.

Sebelumnya, rencana Kwarteng mendapat reaksi negatif dari pasar. Pound Inggris turun 4,37% nilainya menjadi $ 1,0382 per pon pada Senin sore.

Ini adalah level terendah yang pernah tercatat untuk pound. Mata uang tersebut sebelumnya berada di 1,0520 USD/GBP, tercatat pada 26 Februari 1985.

Baca Juga: Ini Beberapa Fakta dari Krisis Ekonomi Inggris

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menang 2-1 El Tri Tetap Tersingkir

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:22 WIB

Daftar 3 Tim Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Rabu, 30 November 2022 | 07:34 WIB

Supporter Rusuh Pasca Belgia Ditumbangkan Maroko

Senin, 28 November 2022 | 11:47 WIB
X