Waduh! Puluhan Tahun Kali CBL, Jadi TPS Ilegal

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 17:49 WIB
CBL, Jadi TPS Illegal
CBL, Jadi TPS Illegal

Bekasikinian.com, Cikarang - Kondisi terkini bantaran Sungai Cikarang Bekasi Laut (CBL), Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, telah tercemar dengan sampah terutama limbah rumah tangga. Ironisnya, aktivitas pembuangan sampah di TPS ilegal tersebut sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Dani Ramdan mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan surat dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tentang pelanggaran pemanfaatan ruang di sepanjang bantaran Sungai CBL.

Kementerian ATR/BPN menjelaskan adanya aktivitas pembuangan sampah ilegal di bantaran Sungai CBL yang semakin meluas setiap tahunnya.

Baca Juga: Kejari Cikarang Giring Staff Ahli Bupati Bekasi ke Lapas Atas Kasus Mafia Tanah

"Dari citra satelit mulai tahun 2002 sampai 2022, berarti 20 tahun mereka mempunyai data ternyata ada kegiatan aktivitas pembuangan sampah ilegal yang semakin tahun semakin meluas," ujar Dani, pada Kamis (25/8/2022).

Salah satu TPS ilegal diketahui berada di Kampung Buwek, Desa Sumberjaya, Tambun Selatan. Dani menyebutkan, Februari 2022 lalu pemerintah daerah sudah menindak tegas hal ini, karena dorongan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Masalah ini juga telah dibawa ke ranah hukum dan masih dalam tahap penyelidikan. Dua orang pengelola TPS ilegal di Kampung Buwek kini berstatus tersangka.

Baca Juga: Atasi Pembuangan Sampah Ilegal, PJ Bupati Bekasi Bentuk Tim Khusus Pengamanan

"Alhamdulillah saya langsung meninjau langsung ke lokasi, saat ini sudah tidak ada lagi aktivitas pembuangan sampah ilegal ini," ungkap Dani.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X