• Sabtu, 1 Oktober 2022

Museum Gedung Juang Tambun, Wisata Sejarah di Bekasi yang Wajib Dikunjungi

- Selasa, 20 September 2022 | 02:54 WIB
Museum Gedung Juang Tambun, Wisata Sejarah di Bekasi yang Wajib Dikunjungi
Museum Gedung Juang Tambun, Wisata Sejarah di Bekasi yang Wajib Dikunjungi

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi - Salah satu destinasi wisata sejarah di Bekasi yang wajib dikunjungi adalah Museum Gedung Juang Tambun.

Gedung Juang Tambun dulunya adalah Landhuis Tamboen, yang oleh warga sekitar dikenal sebagai Gedung Tinggi. Bangunan itu dibangun oleh seorang kapten Cina bernama Khouw Tjeng Kie, seorang pemilik tanah di daerah Tambun di mana terdapat perkebunan tebu yang luas.

Khouw Tjeng Kie membangun Landhuis Tamboen dalam dua tahap. Pembangunan tahap pertama dilakukan pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1910.

Pembangunan tahap kedua dilakukan pada tahun 1925. Setelah kematian Khouw Tjeng Kie, bangunan itu dimiliki oleh Kouw Oen Huy hingga tahun 1942.

Baca Juga: Suporter Ricuh di Pertandingan FC Bekasi City vs PSIM Yogyakarta, Fasilitas Stadion Dirusak

Antara tahun 1943 dan 1945, tentara Jepang menduduki gedung tersebut dan menjadikannya salah satu pusat kekuatan militer. Setelah Jepang mundur dari Indonesia pada tahun 1945, Komite Nasional Indonesia (KNI) menggunakan Gedung Juang Tambun sebagai kantor Kabupaten Jatinegara (sekarang wilayah Kabupaten Bekasi).

Bangunan ini tidak hanya berfungsi sebagai kantor wilayah, tetapi juga sebagai situs pertahanan dan pusat komando untuk mempertahankan kemerdekaan dari tentara Belanda (NICA) yang ingin menjajah Indonesia lagi.

Pada masa kemerdekaan, saat Yogyakarta menjadi ibu kota, Gedung Juang Tambun menjadi pusat komando pertahanan wilayah Republik Indonesia. Ketika Jakarta dikuasai NICA pada tahun 1946, Bekasi menjadi titik terluar Republik Indonesia yang paling dekat dengan wilayah Jakarta.

Bangunan Gedung Juang Tambun juga menjadi tempat pertukaran tahanan antara pejuang kemerdekaan Belanda dan Indonesia. Pejuang kemerdekaan Indonesia dipulangkan oleh Belanda dan dikembalikan ke Batavia melalui Stasiun Tambun yang tepat berada di belakang gedung ini.

Halaman:

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jl Raya Cikarang-Cibarusah Akan Dibuat 4 Lajur

Rabu, 31 Agustus 2022 | 09:53 WIB
X