• Jumat, 2 Desember 2022

Produksi dan Jual Makanan Kadaluarsa, Tujuh Orang di Cikarang Dihukum 5 tahun Penjara

- Kamis, 24 November 2022 | 15:36 WIB
Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan bersama Kapolsek Cikarang Barat dan Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat Iptu M. Said Hasan saat konferensi pers, Kamis (24/11)
Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan bersama Kapolsek Cikarang Barat dan Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat Iptu M. Said Hasan saat konferensi pers, Kamis (24/11)

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi - Polres Metro Bekasi berhasil menangkap tujuh orang pelaku yang memproduksi dan menjual makanan dan minuman kadaluarsa pada Kamis (24/11/2022).

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan adapun pelaku yang diamankan antara lain berinsial N (48), M (36), D (57), J (33), A (18), N (40), dan A (40). Mereka terdiri dari bos, penjual (reseller), dan karyawan yang bertugas untuk mengubah tanggal expired pada makanan yang telah kadaluarsa.

"ini menurut saya merupakan kejahatan tindak pidana dalam konteks ekonomi kemudian berorientasi pada keselamatan masyarakat luas. Makanan yang seharusnya sudah expired tapi masih diperjualbelikan dengan merubah tanggalnya." kata Kapolres dalam konferensi pers, Kamis (24/11).

Kapolres menjelaskan, ketujuh pelaku bekerja sama dalam memproduksi ratusan makanan dan minuman kadaluarsa. Diketahui, pelaku menghapus tanggal expired dan mencetak kembali dengan alat pencetak tanggal kadaluarsa.

"Dilakukan oleh N dengan beberapa orang yang membantu, tujuh orang yang dilakukan penegakan hukum terhadap yang bersangkutan. Barang nya bisa diliat lagi, alatnya juga ada untuk memcetak tanggal expired di makanannya. ini bisa terjadi pada produk apa saja yang salah adalah yang membuatnya salah adalah yang membuatnya," jelas Kapolres.

Kapolres menyatakan, bahwa tersangka membeli barang-barang makanan dan minuman kemasan yang telah kadaluarsa ini lewat orang yang bekerja di bagian produksi. Pihaknya juga menduga jika pelaku mempunyai koneksi atau berteman dekat dengan si supir atau distributor.

"harusnya ini disalurin ke toko, tapi mungkin tersangka ada kenal sama supir atau siapa dibeli jadinya. Sebagian barang juga ada digunakan untuk makan ternak," ungkapnya.

Atas penangkapan ini, kepolisian menyita Satu unit HP merk Samsung, Satu buah Timbangan Troli 150 Kg merk Nankai, Satu buah Timbangan makanan 2,5 Kg merk Kenmaster, alat press plastik merk Origin, alat expired date / pencetak tanggal kadaluwarsa, Thermal ink jet cartridge, mesin pemanas / Heat Gun, kaleng tiner merk Impala, USB dan berbagai produk makanan kemasan, minuman kemasan dan kosmetik.

Atas perbuatannya, ketujuh pelaku dikenakan pasal 62 UU Perlindungan Konsumen tentang pelaku usaha yang melanggar dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun.

Halaman:

Editor: Ayu Salma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X