• Jumat, 2 Desember 2022

Masyarakat Perlu Tahu, Ini Cara Bedakan Tanggal Expired Makanan Kemasan Yang Asli dan Palsu

- Kamis, 24 November 2022 | 17:39 WIB
Barang bukti makanan kadaluarsa yang diamankan polisi di Mapolsek Cikarang Barat, Kamis (24/11)
Barang bukti makanan kadaluarsa yang diamankan polisi di Mapolsek Cikarang Barat, Kamis (24/11)

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi - Polsek Cikarang Barat baru saja mengamankan tujuh orang tersangka yang telah memproduksi dan menjual produk makanan dan minuman kadaluarsa di sebuah rumah kontrakan kampung bojong koneng rt001/ rw 0033 Desa telaga murni Kecamatan Cikarang Barat pada Kamis (24/11/2022).

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat, Iptu. M.Said Hasan menjelaskan pihaknya telah mengamati bahwa tanggal kadaluarsa (expired) makanan kemasan yang asli itu garisnya cenderung putus-putus. Kebalikannya, tanggal expires makanan kemasan yang telah dicetak ulang atau yang palsu itu jelas atau tidak putus-putus.

" Kalo saya pelajarin dari pelaku ya pas penyelidikan kalo kode tanggal kadaluarsa yang asli itu cenderung titiknya putus2 kemasannya juga masih rapi. Kalo palsu itu cetakannya sempurna," kata Hasan saat diwawancarai media di Mapolsek Cikarang Barat, Kamis (24/11).

Hasan melanjutkan, kemudian makanan yang dilabeli dengan tanggal expired yang palsu biasanya harganya lebih murah. Dari segi kemasan juga terlihat kalau tekstur plastik makanan yang telah kadaluarsa cenderung lebih tipis.

"sejauh kita taunya itu dia harganya lebih murah dan keliatan juga kalo dari tekstur plastik itu lebih tipis yang palsu," tutur Hasan.

Editor: Ayu Salma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X