Lakukan Penipuan, Polsek Cikarang Barat Tangkap Sales Panci

- Rabu, 18 Januari 2023 | 14:29 WIB
Polsek Cikarang Barat mengamankan seorang pelaku penipuan berkedok sales di Cikarang ( Foto : Dok. Polisi)
Polsek Cikarang Barat mengamankan seorang pelaku penipuan berkedok sales di Cikarang ( Foto : Dok. Polisi)

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi - Polsek Cikarang Barat berhasil mengamankan seorang sales pria berinisial MA (42) yang melakukan penipuan terhadap seorang warga di Kampung Jarakosta, Kampung Danau Indah, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi pada Rabu (16/1/2023).

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat, Iptu Said Hasan mengatakan MA (42) melakukan aksi penipuan tersebut bersama keempat rekannya yanh diketahui kini masih buron, ia diamankan saat hendak melakukan aksi serupa di wilayah Kampung Pasir Limus Cikarang Utara. Warga yang mengetahui hal itu kemudian melapor ke pihak kepolisian.

"Tersangka bersama empat orang temannya yang DPO telah menipu seorang warga di Cikarang Barat awal Januari. Kemudian baru diamankan saat hendak mencari korban lainnya di wilayah Cikarang Utara," kata Said melalui keterangan tertulisnya, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Polsek Cikarang Utara Lakukan Penyelidikan Penipuan Paket STB Berisikan Sabun Colek

Hasan menjelaskan, saat melakukan aksinya kelima pelaku ini kerap menawarkan barang dan peralatan rumah tangga ke korbannya. Kemudian, mereka juga memberikan iming-iming ke korban akan mendapatkan cashback berupa uang tunai atau perabotan lainnya.

"Pelaku menawarkan kompor gas kepada Ibu berinisal DS (35) seharga Rp2 juta. Mereka bilang kalau kompor itu sudah dibeli orang lain, tapi belum lunas. Kalau korban mau bayar lunas, ia dijanjikan dapat lemari kaca. Lalu kalau nanti sudah dilunasin sama pembeli sebelumnya, DS mendapatkan kembali uang Rp2 juta," ucapnya.

Di saat korban lengah, para pelaku kemudian kabur dan membawa uang beserta barang-berharga milik korban yang berada di rumahnya.

" Pas datang ke rumahnya korban, pelaku ini menyuruh korban membuat kopi, nah pas korban ke belakang pelaku kemudian kabur membawa uang dan barang perhiasan milik korban," jelas Hasan.

Atas perbuatannya, MA diancam Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Halaman:

Editor: Ayu Salma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X