• Jumat, 27 Mei 2022

Pesan Melalui Calo, Pasang Tarif Tinggi Hingga Turunkan Penumpang di Tengah Jalan

- Kamis, 12 Mei 2022 | 19:11 WIB
Calo di terminal Bekasi
Calo di terminal Bekasi

Bekasikinian.com, Kota Bekasi - Maraknya aksi percaloan yang ada di Terminal Bekasi membuat sejumlah masyarakat yang ingin melakukan perjalanan resah. Pasalnya, calo-calo tersebut seringkali memaksa dan mengancam calon penumpang tersebut agar membeli tiket bus lewat dirinya.

Berdasarkan hasil penelusuran Bekasikinian.com di lokasi, saat datang ke terminal pertama kali terlihat sejumlah orang yang berdiri di pinggir jalan sembari menawarkan tujuan perjalanan. Kemudian, setalah itu ia kerap kali memulai percakapan dengan menanyakan arah tujuan perjalanan dan keinginan calon penumpang untuk menaiki bus seperti apa.

Oknum yang diduga calo tersebut juga membujuk calon penumpang yang ingin menaiki bus dengan cara mengatakan bahwa tiket yang ada di agen resmi telah habis. Ia juga sengaja memasang tarif harga rendah agar calon penumpang terbujuk untuk membeli tiket bus lewat dirinya.

Oknum tersebut saat ditanyakan asal POnya juga menjawab tidak jelas atau terkesan mengalihkan pembicaraan mengenai topik lain.

"Bukan kalo saya disini ibaratnya bantu-bantu aja, yang jaga kemaanan lah disini kalo jam-jam kerja, ngawasin lah istilahnya," kata pria yang diduga calo berinisial S kepada Bekasikinian pada Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, ia juga sempat menyinggung soal penumpang yang harus transit di wilayah tertentu.

"Kalo disini diarahkan sesuai tujuan lah. Bukan nelantarin gitu diantarkan sampai tujuan. kalo gada bilang gada adanya transit nanti gausah bayar lagi berarti langsung," ujar S.

Disisi lain,  Plt Kasie Bina Terminal Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi, Andarias Sora mengatakan penumpang yang seringkali naik bus lewat calo ini seringkali diturunkan di wilayah tertentu yang bukan tujuannya dengan alasan transit.

"Ya jadi penumpang kalo naik lewat dia ini (calo) dioper-oper gitu ga jelas, jadi nanti misalnya naik lewat terminal terus kemudian diturunin di daerah mana gitu yang bukan tujuannya, karena memang si calo ini cuman nitip aja duit dari penumpang ini ga dikasihin ke itu apa namanya PO nya," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

CFD Bekasi Akan Kembali di Gelar

Senin, 23 Mei 2022 | 14:41 WIB

Ini Alasan Banyak Warga Pindah dari Kota Bekasi

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:48 WIB
X