• Sabtu, 1 Oktober 2022

Misyin, Tukang Ojek Pengkolan yang Bisa Sulap Hebel Jadi Karya Seni

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:05 WIB
Misyin (Tukang Ojek Pengkolan yang sulap hebel jadi karya seni)
Misyin (Tukang Ojek Pengkolan yang sulap hebel jadi karya seni)

Bekasikinian.com, Kota Bekasi - Sudah 6 Tahun Misyin (49) menyulap batu Hebel menjadi sesuatu karya bernilai seni, warga kampung Gabus Bulak RT 04/02 Desa Sriamur Kecamatan Tambun Utara kabupaten Bekasi ini sehari-harinya berprofesi sebagai pengojek pangkalan.

Ia bercerita katanya kalau sambil menunggu penumpang dirinya melakukan kegiatan membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan batu herbel.

"Saya melakukan ini sambil menunggu penumpang, alhamdulillah setiap bulan saya mendapat pesanan sebanyak 15 sampai 20 jenis kerajinan tangan," ucap Misyin.

Hasil karyanya seperti sepatu, golok, patung, dan lainnya membuat masyarakat juga mengagumi dari hasil karyanya. Sebelum lebih jauh bercerita, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu batu hebel. Batu hebel ini adalah termasuk jenis bata ringan, yang biasa digunkan kalau ingin membangun rumah.

Meksipun tergolong material bangunan yang lebih baru, apalagi jika dibandingkan dengan bata merah. Kualitas batu ini juga tidak kalah hebat.

Jenis bata ringan memiliki berbagai kelebihan yang membuat banyak orang lebih memilih material tersebut untuk membangun atau merenovasi rumahnya.

Dinukil dari Kompas, secara garis besar, kelebihan bata ringan adalah membuat proses pemasangan atau pembuatan dinding bangunan menjadi lebih cepat. Selain itu, bata ringan juga memiliki daya tahan seperti beton, mampu menjadi isolator (meminimalisasi hantaran panas yang berlebih), dan tidak perlu plesteran yang tebal (umumnya hanya 2,5 cm). Bata ringan juga kedap air dan tahan api, mempunyai ketahanan terhadap gempa, serta menghemat biaya pembangunan.

Ketika ditanya berapa harga untuk karya – karya yang dibuat. Misyin menjawab setiap kerajinan yang dia buat, harga yang ditawarkan ialah bervariasi, mulai dari  Rp 250.000 sampai 300.000 perpatung.

"Kerajinan tangan yang saya buat berupa patung tangan dan batu nisan kuburan"

"Patung ini saya buat sesuai dengan permintaan pelanggan dengan motif yang mereka inginkan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Unik Bekasi sebagai Kota Keren

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:10 WIB

Tol Becakayu Resmi Tambahkan Tiga Lajur Baru

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:05 WIB

Rumput Stadion Rusak, Begini Respon Dispora Kota Bekasi

Kamis, 29 September 2022 | 17:32 WIB

Pemberitahuan Penutupan Jalan Haji Djole Bantargebang

Kamis, 29 September 2022 | 15:54 WIB

Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kota Bekasi

Rabu, 28 September 2022 | 13:38 WIB

Tiktok Digugat ke PN Bekasi, Oh Ternyata Gegara Ini

Selasa, 27 September 2022 | 17:32 WIB
X