• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kemenhub Naikan Tarif Ojol, Pro Kontra di Respon Warga Bekasi

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:24 WIB
Kementerian Perhubungan menaikkan tarif transportasi online
Kementerian Perhubungan menaikkan tarif transportasi online

Bekasikinian.com, Kota Bekasi - Kementerian Perhubungan menaikkan tarif transportasi online atau lebih dikenal dengan Ojek Online per 4 Agustus 2022, dalam Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor KP 564 tahun 2002 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi.

Adapun pembagian tiga zonasi itu, yakni zona I meliputi Sumatera, Jawa (selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), dan Bali. Kemudian zona II meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Lalu, zona III meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku dan Papua.

Besaran tarif ojol yang naik di berbagai zona pun bervariasi mulai dari Rp. 2.000 - Rp. 13.500.

Baca juga:

Lippo Cikarang Berikan Penjelasan Pengangkutan Kendaraan Ojol

Menanggapi hal tersebut, Ias (24) selaku salah satu pelanggan yang setiap harinya menaiki ojek online, mengatakan ia merasa keberatan apabila harga ojek online dinaikkan.

"Keberatan sih kalo saya, tapi kalau buat driver yaa gapapa, kalau bisa kalau ada kenaikan, vouchernya tetep ada jadi harganya ngga begitu mahal," ucap Ias saat ditemui Bekasikinian.com di Stasiun Bekasi, Selasa (9/8/2022).

Sementara itu, Okta (22) selaku salah satu driver ojek online di wilayah Stasiun Bekasi mengungkapkan dirinya cukup senang apabila tarif ojol dinaikkan. Namun, di sisi lain ia juga cukup khawatir karena takut customer atau pelanggan enggan untuk menumpangi ojek online lagi untuk bertransportasi imbas adanya kenaikan harga ini.

"Tentunya kalo naikin kalo dari darisisi driver pasti seneng, kedua harapan keuntungan kita jadi lebih banyak lah. Tapi ada juga dampak negatifnya mungkin kalo dari sisi customer takutnya  kalo harga dinaikin customer malah pada kabur gitu nyari yang laen, paling balik ke angkot. Jadi penumpang ojol malah lari gitu ya," tungkasnya.

Ia pun berharap agar pemerintah dapat lebih menyesuaikan perihal dengan adanya kenaikan harga ini. Dirinya pun menyarankan agar pihak manajemen ojek online dapat terlebih dahulu melakukan uji coba selama periode waktu tertentu.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

5 Fakta Unik Bekasi sebagai Kota Keren

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:10 WIB

Tol Becakayu Resmi Tambahkan Tiga Lajur Baru

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:05 WIB

Rumput Stadion Rusak, Begini Respon Dispora Kota Bekasi

Kamis, 29 September 2022 | 17:32 WIB

Pemberitahuan Penutupan Jalan Haji Djole Bantargebang

Kamis, 29 September 2022 | 15:54 WIB

Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kota Bekasi

Rabu, 28 September 2022 | 13:38 WIB

Tiktok Digugat ke PN Bekasi, Oh Ternyata Gegara Ini

Selasa, 27 September 2022 | 17:32 WIB
X