• Sabtu, 1 Oktober 2022

Masyarakat Keluhkan Pelayanan Kesehatan, Dewan Pertanyakan Pengawasan dan Pembinaan Dinkes Kota Bekasi

- Selasa, 20 September 2022 | 15:47 WIB
Kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi
Kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi


Bekasikinian.com, Kota Bekasi - Pelayanan kesehatan di Kota Bekasi kini menjadi sorotan publik, mencuat berbagai komentar warganet soal keluhannya yang tak mendapatkan perlakuan baik dari Puskesmas.

Anggota Legislatif Komisi IV, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi, Ibnu Hajar Tanjung mempertanyakan pengawasan dan pembinaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi.

"Kinerja Dinkes juga perlu dipertanyakan ini. Bagaimana pengawasan dan pembinaannya terhadap puskesmas? Kenapa harus ada keluhan masyarakat dulu baru gradak gruduk perbaikan. Mestinya, jangan sampai itu terjadi," kata Tanjung ketika dihubungi Bekasikinian pada, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Dinkes Kota Bekasi Beri Pembinaan Pelayanan Puskesmas Kaliabang, dr Fikri: Kalau Ga Berubah, Mutasi

Ia menilai, Dinkes tak becus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Puskesmas diwilayahnya.

Ia mengatakan, sudah seharusnya pelayanan kesehatan masyarakat menjadi tanggungjawab seluruh jajaran.

"Kalau bicara pelayanan, sudah seharusnya semua melakukan kinerjanya dengan baik. Mau bagaimanapun, rakyat harus dilayani dengan baik," ungkapnya.

Sementara itu. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr Fikri Firdaus mengakui adanya kelalaian dalam pengawasan kesehatan dilingkup Puskesmas.

"Iya selama dua tahun terakhir semenjak adanya Covid, kita focus disitu sehingga saya akui untuk pengawasan tidak terkontrol. Ditambah lagi adanya Vaksin dan sekaran BIAN," ungkapnya.

Sebelumnya, terjadi tindakan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh Puskesmas Kaliabang Tengah, Bekasi Utara Kota Bekasi.

Tindakan tersebut dirasakan oleh Vivi (26) warga Bekasi Utara yang merasa di sepelekan dan tidak diperiksa oleh perawat serta dokter umum di Puskesmas Kaliabang Tengah ketika sedang mengantar anaknya yang berusia empat bulan berobat karena batuk pilek (bapil).

“Saya datang ke Puskesmas Kaliabang Tengah itu hari Selasa kemarin karena anak saya batuk pilek dan demam sudah hampir seminggu. Ketika sampai di Puskesmas, anak saya yang masih empat bulan diminta untuk swab sama perawatnya karena saya lihat masih bayi banget, saya tolak. Eh masa perawat malah tanya saya kesini mau ngapain. Kan aneh. Saya menolak swab wajar dong karena anak saya masih bayi, tujuan saya ke Puskesmaskan untuk diperiksa, kasih obat dan atau kasih rujukan aj cukup,” kata Vivi kesal kepada Bekasikinian pada Kamis (15/9/2022) lalu. (hz)

Baca Juga: Dinkes Kota Bekasi Bakal Evaluasi Kinerja Puskesmas Kaliabang Tengah

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Unik Bekasi sebagai Kota Keren

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:10 WIB

Tol Becakayu Resmi Tambahkan Tiga Lajur Baru

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:05 WIB

Rumput Stadion Rusak, Begini Respon Dispora Kota Bekasi

Kamis, 29 September 2022 | 17:32 WIB

Pemberitahuan Penutupan Jalan Haji Djole Bantargebang

Kamis, 29 September 2022 | 15:54 WIB

Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kota Bekasi

Rabu, 28 September 2022 | 13:38 WIB

Tiktok Digugat ke PN Bekasi, Oh Ternyata Gegara Ini

Selasa, 27 September 2022 | 17:32 WIB
X