Dinkes Kota Bekasi Berikan Rekomendasi Rumah Sakit Rujukan Bagi Pasien Gagal Ginjal

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 17:45 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Tanti Rohilawati, Rabu (26/10)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Tanti Rohilawati, Rabu (26/10)

 

 Bekasikinian.com, Kota Bekasi - Dinas Kesehatan Kota Bekasi memberikan rekomendasi Rumah Sakit Rujukan bagi masyarakat yang ingin membawa pasien yang dikonfirmasi terkena Gagal ginjal Akut di Bekasi.

" Sesuai dengan apa yg disampaikan Kemenkes di dalam  lampiran SE nya ada daftar 14 Rumah Sakit yang menjadi rujukan untuk penanganan dari penyakit gagal ginjal tersebut," kata Tanti Rohilawati, Rabu (26/10).

Tanti menjelaskan, dari daftar 14 Rumah Sakit rujukan yang didata oleh Kementrian Kesehatan, terdapat tiga lokasi RS Rujukan yang bisa didatangi oleh warga Kota Bekasi dikarenakan lokasinya yang cukup dekat. Tiga lokasi tersebut adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Sakit Harapan Kita dan RS Hasan Sadikkin Bandung.

" Untuk Kota Bekasi lokasi rumah sakit terdekat akan kami sampaikan kepada masyarakat adalah RSCM, RS Harapan kita dan RS Hasan Sadikkin Bandung," jelas Tanti.

Ia menjelaskan, untuk melakukan rujukan ke tiga RS tersebut pertama warga yang merasakan gejala seperti meriang dan sulit untuk Buang Air Kecil (BAK) di tubuhnya diharuskan untuk segera dibawa ke Puskesmas atau pelayanan terdekat di wilayahnya. Kemudian, ia melanjutkan jika  petugas medis yang berada di Puskesmas atau Klinik menyatakan adanya dugaan (suspect) terkena penyakit gagal ginjal akut, warga bisa mendatangi Rumah Sakit yang lebih besar di Kota Bekasi.

"memang untuk sistem rujukan yang diartikan segera dibawa ke pelayanan kesehatan kita mulai daripada puskesmas. Yang terdekat dulu dengan masyarakat, jadi apabila sudah terdeteksi ternyata ada gejala gagal ginjal akut agar segera dibawa ke pelayanan kesehatan terdekat. Kemudian pada saat diperiksa di klinik, ada dugaan terdeteksi suspect itu maka segera dibawa ke rumah sakit terdekat juga di Kota Bekasi," jelasnya.

"Kemudian untuk merujuk ke RSCM, harapan kita, dan Hasan Sadikin pastinya dari Rumah Sakit yang ada di Kota Bekasi. Maka, rujukannya itu adalah secara bertahap dengan sistem rujukan tersebut," tutup Tanti.

Editor: Ayu Salma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambangi Sekolah Bunda Literasi Gali Potensi Siswa

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:13 WIB

4 Wisata Pantai Hidden Gems di Bekasi

Selasa, 24 Januari 2023 | 04:22 WIB
X