Jurnal Dermawanku Bersama Jufi dan Komodo Buka Dapur Umum di Cianjur

- Sabtu, 26 November 2022 | 07:58 WIB
POsko Bantuan Warga Bekasi dari Komunitas Jurnal Dermawanku, Jurnalis Filantropi dan Komodo
POsko Bantuan Warga Bekasi dari Komunitas Jurnal Dermawanku, Jurnalis Filantropi dan Komodo

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Komunitas Jurnal Dermawanku bersama Jurnalis Filantropi (Jufi) dan Komunitas Media Online Kota Bekasi (Komodo) membuka posko bantuan dapur umum Warga Bekasi di Desa Cisarandi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur pasca gempa tektonik dengan 5,6 skala richter yang meluluhlantahkan wilayah tersebut.

Ketua Pelaksana Komunitas Jurnal Dermawanku Ade Dwi Hidayat mengatakan posko dapur umum warga Bekasi didirikan selama 7 hari guna memberikan solusi korban terdampak.

Baca Juga: MKI Babeh Haikal Salurkan Donasi Korban Gempa Cianjur Melalui Jurnalis Filantropi Indonesia

“Desa Cisarandi ini salah satu desa yang tidak tersentuh uluran bantuan. Bersama Jufi dan Komodo, kami mengawali dengan survey lokasi dan memutuskan membuka posko bantuan dengan mendirikan dapur umum di Desa tersebut,” kata Dwi kepada Bekasikinian pada Jumat (25/11/2022).

Dapur Umum korban gempa Cianjur

Ia menjelaskan, program posko bantuan warga Bekasi yang didirkan berbentuk dapur umum, layanan Kesehatan dan trauma healing.

“Dilokasi lebih dari 200 kepala keluarga terdampak. Kami memberikan makan sehari 3X, pengobatan gratis dari para relawan dan trauma healing untuk anak-anak yang menjadi korban,” ungkapnya.

Sementara itu Relawan Jufi, Ibnu Syafaat mengungkapkan dapur umum sangat penting guna memenuhi kebutuhan pangan para penyintas yang tinggal di tenda-tenda darurat. Terlebih para penyintas belum bisa memasak sendiri di dapur rumah mereka.

“Kata mereka, mereka trauma, masih takut masak di dapur. Juga ada imbauan pemerintah agar warga penyintas untuk sementara tidak melakukan aktivitas di dalam rumah karena masih terjadi gempa-gempa susulan,” ujar Syafaat.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambangi Sekolah Bunda Literasi Gali Potensi Siswa

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:13 WIB

4 Wisata Pantai Hidden Gems di Bekasi

Selasa, 24 Januari 2023 | 04:22 WIB
X