Ridwan Kamil Siapkan Dana 1,5 Triliun Untuk Modali Pesantren Yang Kembangkan Bisnis di OPOP Jabar

- Senin, 28 November 2022 | 19:39 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto saat konferensi pers dengan media di Ponpes An-Nur, Senin (28/11)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto saat konferensi pers dengan media di Ponpes An-Nur, Senin (28/11)

Bekasikinian.com, Kota Bekasi - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan dana sebanyak Rp. 1,5 Triliun untuk mengembangkan bisnis UMKM yang masuk dalam program One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Barat 2022.

Dalam hal ini, pihaknya juga menggandeng beberapa pihak yang juga dapat membiayai pesantren-pesantren yang ingin mengembangkan bisnis dan menghasilkan produk dalam program OPOP Jabar ini.

"kita juga ada partner sampai 1,5 triliun siap memodali bisnis OPOP," ujar Kang Emil sapaan akrabnya, Senin (28/11).

Ridwan menjelaskan, nantinya pihaknya akan membimbing dan mengajarkan teknik-teknik digital marketing dalam dunia bisnis agar para pesantren yang mengikuti program OPOP ini bisa mandiri secara ekonomi.

"Nanti makanya dibimbing jadi kita bikin skalanya yang baru start up sama yang udah bagus," kata Ridwan.

Menurut Ridwan, kendala yang dialami oleh pihaknya dalam mengembang program One Pesantren One Product (OPOP) ini ialah masih banyak pesantren-pesantren yang takut untuk berbisnis.

" proses keberanian aja, karena ga semua berani berbisnis, masih ada takutnya," jelasnya.

Sejauh ini, terdata ada sebanyak 2.800 pesantren yang mengikuti program OPOP ini. Dalam hal ini, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus meningkatkan dan mengajak pesantren-pesantren lain yang berada di wilayahnya untuk mengembangkan bisnis lewat program OPOP ini.

Editor: Ayu Salma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambangi Sekolah Bunda Literasi Gali Potensi Siswa

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:13 WIB

4 Wisata Pantai Hidden Gems di Bekasi

Selasa, 24 Januari 2023 | 04:22 WIB
X