Naik 11 Persen, APBD 2023 Kota Bekasi Capai Rp.5,9 Triliun

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:47 WIB
Dalam keputusan rapat paripurna, Pemerintah sahkan APBD 2023 Rp.5,9 Triliun
Dalam keputusan rapat paripurna, Pemerintah sahkan APBD 2023 Rp.5,9 Triliun

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kota Bekasi sepakat untuk menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi tahun anggaran 2023 mendatang sebesar Rp. 5.933.765.026.438 yang kemudian secara resmi ditetapkan dalam rapat paripurna.

Ketua DPRD Kota Bekasi, M. Saifuddaulah, mengatakan tugas pokok dan fungsi lembaga yang dipimpinnya melalui kerja Biro Anggaran telah dijalankan dan disahkan menjadi lembaran negara, yang selanjutnya akan disampaikan. untuk ditinjau oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan peraturannya.

“Sudah final dan perdanya sudah disahkan menjadi Perda APBD. Selain itu, Gubernur Jabar ada proses evaluasi, paling lambat 14 hari. hasil evaluasi gubernur," kata ustad Saifuddaulah sapaan akrabnya lepas rapat paripurna pada Rabu (30/11/22).

Baca Juga: Begini Kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi Terhadap Oknum Guru yang Lakukan Tindakan Pelecehan Seksual

Ia menjelaskan, hasil penilaian yang sudah diperbaiki kemudian diserahkan lagi kepada Gubernur Jawa Barat untuk dilakukan penetapan nomor pendaftaran daerah setelah nomor pendaftaran diperoleh.

Menurut Saifuddaulah, keseluruhan kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi tahun 2023 mencakup berbagai rencana yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Bekasi, antara lain prakiraan pendapatan daerah, alokasi dinas daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan, serta asumsi dasar yaitu sesuai ketentuan dan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 84 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran (TA) 2023.

“Seperti kita ketahui bersama, kebijakan APBD ditentukan bersama oleh DPRD dan Pemkot Bekasi, juga berdasarkan masukan masyarakat dan keinginan untuk pembangunan Kota Bekasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bapemperda Nicodemus Godjang yang juga sebagai Anggota Legislatif dari fraksi PDI Perjuangan menuturkan Rencana Pembentukan Peraturan Daerah (propemperda) 2023 yang dikawal partainya.

“Salah satu bentuk otonomi daerah adalah pengembangan peraturan daerah. Dalam pembentukannya perlu disusun dan ditetapkan Propemperda. Sebagai catatan, ada 17 Raperda prioritas untuk tahun 2023, 10 di antaranya diusulkan oleh DPRD dan 7 oleh kota,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diduga Begal, Tiga Remaja di Bekasi Diamankan Polisi

Senin, 30 Januari 2023 | 15:03 WIB
X