• Senin, 28 November 2022

Doyan Ngemil Nastar? Ternyata Makan 3 Nastar Setara Sepiring Nasi Lho!

- Minggu, 17 Mei 2020 | 15:31 WIB
Bekasikinian.com - kue nastar
Bekasikinian.com - kue nastar

Bekasikinian.com, Kota Bekasi - Nastar menjadi salah satu jenis kue kering yang selalu hadir saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Kue kering yang satu ini disajikan dengan isian selai nanas lezat di dalamnya yang selalu menjadi salah satu incaran orang-orang saat bertamu.

Tak cukup hanya makan satu buah, tapi berbuah-buah. Seorang ahli gizi bernama dr Tirta Prawita Sari mengatakan bahwa mengonsumsi 3 nastar sama dengan mengonsumsi sepiring nasi. Hal itu dikarenakan kandungan nastar yang terbuat dari gula dan tepung putih yang sudah tidak berserat.

"Nastar ada bermacam-macam tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi," ujar Tirta, Selasa (28/5/19).

Kandungan gizi kue kering yang dibuat dari tepung, gula, telur dan mentega hanya karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak.

Baca juga: Sama-sama Mewabah, Kenali Perbedaan Covid-19 dan DBD

Sementara zat gizi lain seperti vitamin dan mineral, menurut dia, sedikit ditemukan pada kue kering. Tirta juga mengatakan terlalu banyak makan nastar dapat memicu naikknya kolesterol.

"Bisa kolesterol karena menggunakan banyak mentega, banyak butter, yang mengandung lemak. Pemanasan trans fat dapat memengaruhi kadar kolesterol," ujar Tirta.

Oleh sebab itu, sebaiknya perlakukan kue kering sebagai makanan pendamping, layaknya permen (berkala). Bukan dikonsumsi rutin seperti makan makanan pokok.

"Kalau bisa dihindari lebih baik dihindari. Kalau memang mau makan disesuaikan dengan kalori lainnya yang telah dikonsumsi," kata Tirta.

Halaman:

Editor: Jelita Hanum

Tags

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X