• Senin, 27 Juni 2022

LPPOM MUI Gelar Training Perkuat Literasi Kader Dakwah Halal

- Rabu, 25 Mei 2022 | 16:40 WIB
LPPOM MUI menggelar Training memperkuat literasi kader dakwah halal.
LPPOM MUI menggelar Training memperkuat literasi kader dakwah halal.

Bekasikinian.com, Jakarta - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menggelar Training of Trainer untuk memperkuat literasi kader dakwah halal.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 21 Mei 2022 ini di gelar secara hybrid dan diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai komunitas peduli halal, di antaranya Chef Halal Indonesia, My Halal Kitchen, Haiper Community, Frozen Food Indonesia, dan Jakpreneur.

Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan, konsumen Muslim berhak mendapatkan produk yang dikonsumsinya telah terjamin kehalalannya.

Untuk itu, kata dia, kader dakwah mempunyai peran sentral untuk menggugah kesadaran halal para konsumen.

Muti menjelaskan, perjalanan regulasi Jaminan Produk Halal (JPH) sejak awal mula, LPPOM MUI berdiri sebagai satu-satunya LPH di Indonesia dan masih aktif dengan regulasi yang berlaku saat ini.

“Regulasi halal memang memberikan ruang kepada anggota masyarakat untuk menjalankan perannya sebagai pengawas,” kata dalam keterangan tertulis yang diterima pada Rabu (25/5/2022).

Muti berharap, para kader dakwah halal ini mempunyai sensitivitas atau kepekaan atas penyimpangan yang terjadi di masyarakat berkaitan dengan penerapan JPH.

Muti menarangkan, apabila terjadi penyimpangan, para kader dakwah halal ini diharapkan berinisiatif untuk mengadukan penyimpangan tersebut kepada pihak yang berwenang.

Para peserta yang mengikuti ToT ini diberikan materi seputar sertifikasi halal, prosedur sertifikasi halal, implementasi sistem JPH, dan pengetahuan tentang titik kritis kehalalan bahan.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

Fenomena Planet Sejajar Bisa di Lihat Kasat Mata

Sabtu, 25 Juni 2022 | 06:10 WIB

KPU RI Resmikan Sistem Informasi Partai Politik

Jumat, 24 Juni 2022 | 20:26 WIB

Kasus Penganiayaan Iko Uwais Naik ke Penyidikan

Kamis, 23 Juni 2022 | 23:09 WIB

Kemenag Atur Ketentuan Hewan Ternak untuk Kurban

Kamis, 23 Juni 2022 | 22:55 WIB
X