• Senin, 27 Juni 2022

India Jadikan Indonesia Contoh Negara yang Mampu melakukan Penanganan Bencana Terbaik

- Rabu, 25 Mei 2022 | 20:23 WIB
Indonesia sebagai contoh negara yang mampu melakukan penanganan bencana alam dengan baik.
Indonesia sebagai contoh negara yang mampu melakukan penanganan bencana alam dengan baik.

Bekasikinian.com, Kota BekasiIndia menjadikan Indonesia sebagai contoh negara yang mampu melakukan penanganan bencana alam dengan baik.

Menurut World Risk Report 2021, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, selain terletak di kawasan Cincin Api (Ring of Fire).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan secara geografis dan geologi Indonesia terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu Eurasia, Indo-Australia, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Bahkan, Indonesia berada di urutan ke-38 dari 181 negara berisiko bencana.

“Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pada tahun 2021 terdapat 5.402 kali bencana yang diantaranya yaitu bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), banjir, tanah longsor, gelombang pasang, dan cuaca ekstrem,” kata Muhadjir dalam keterangan yang dikutip Pikiran Rakyat, Rabu (25/5/2022).

Namun dibalik semua itu, Indonesia memiliki banyak kearifan lokal di masyarakat dan menjadi salah satu keunggulan sehingga bangsa ini selalu mampu melewati berbagai situasi kebencanaan.

Menurutnya, peran aktif para pemangku kepentingan seperti komunitas, akademisi, dunia usaha, media massa, dan pemerintah selalu mendukung jika terjadi situasi itu.

“Mereka bersatu dalam setiap peristiwa bencana di tanah air dalam perannya masing-masing. hasilnya, muncul sebuah kekuatan dalam bentuk ketahanan ketika menghadapi aneka bencana,” terangnya.

"Salah satu potensi lokal yang dapat dijadikan contoh baik (best practice) dalam penanganan bencana di Indonesia adalah gotong royong pentahelix," sambung Muihadjir.

Sementara itu, Sekretaris Utama Perdana Menteri India Pramod Kumar Mishra dalam kesempatan daring mengatakan bahwa Indonesia menjadi contoh terbaik (best practice) dari penanganan dan pemulihan bencana gempa dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

Fenomena Planet Sejajar Bisa di Lihat Kasat Mata

Sabtu, 25 Juni 2022 | 06:10 WIB

KPU RI Resmikan Sistem Informasi Partai Politik

Jumat, 24 Juni 2022 | 20:26 WIB

Kasus Penganiayaan Iko Uwais Naik ke Penyidikan

Kamis, 23 Juni 2022 | 23:09 WIB

Kemenag Atur Ketentuan Hewan Ternak untuk Kurban

Kamis, 23 Juni 2022 | 22:55 WIB
X