• Rabu, 10 Agustus 2022

Beli Minyak Goreng Curah Kini Wajib Tunjukan Peduli Lindungi

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 08:19 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan

Bekasikinian.com, Jakarta – Pemerintah mewajibkan masyarakat membeli Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan, terkait itu, pemerintah akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

“Masa sosialisasi akan dimulai besok Senin, 27 Juni 2022 dan akan berlangsung selama dua minggu ke depan," kata Luhut dalam pernyataan pers, Jumat (24/6/2022).

Ia menjelaskan, MGCR dengan harga tersebut dapat diperoleh di penjual atau pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0 dan juga melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE), yakni Warung Pangan dan Gurih.

Menurutnya, aturan tersebut akan berlaku setelah masa sosialisasi selesai. Nantinya, MGCR di tingkat konsumen akan dibatasi maksimal 10 kg untuk satu NIK per harinya dan dijamin dapat diperoleh dengan HET Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kilogram. 

Baca juga:

Minyak Goreng Curah Akan Dihapus, Pemkot Bekasi: Kita Akan Ikuti Pemerintah Pusat

“Pemerintah melakukan upaya perubahan sistem ini untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi seluruh lapisan masyarakat. Penggunaan PeduliLindungi berfungsi menjadi alat pemantau dan pengawasan di lapangan untuk memitigasi adanya penyelewengan di berbagai tempat dan dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan juga kenaikan harga minyak goreng,” ungkapnya.

Ia menjamin distribusi akan sampai ke level terbawah dan semua daerah akan mendapatkan pasokan MGCR sesuai kebutuhan. 

Tambah Luhut, untuk memastikan masa sosialisasi dan transisi berjalan maksimal, juga dibentuk Task Force untuk menyebarluaskan informasi terkait transisi sistem baru kepada masyarakat. Tim ini nantinya akan menyediakan berbagai saluran informasi untuk melayani pertanyaan ataupun keluhan yang muncul dari masyarakat terkait pembelian MGCR.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

4 Tips Sukses Fresh Graduate Dapat Kerja

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:20 WIB

Ramalan 6 Zodiak Hari Ini, 10 Agustus 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:35 WIB

Data dan Fakta Penyelenggaraan Haji 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:48 WIB

Strategi Jitu Cegah Penyakit Jantung Menurut Ahli

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:45 WIB

Jangan Sampai Kecolongan dari Cacar Monyet

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:20 WIB
X