• Senin, 28 November 2022

Imbas Pemulangan 46 Jamaah, Pemerintah Bakal Tindak Tegas Travel Nakal

- Senin, 4 Juli 2022 | 21:59 WIB
Sebanyak 46 jamaah haji di pulangkan karena Visa ilegal
Sebanyak 46 jamaah haji di pulangkan karena Visa ilegal

Bekasikinian.com, Jakarta - Pemerintah akan menindak tegas travel yang melanggar aturan dan merugikan para jemaah, seperti pada kasus pemulangan 46 jemaah asal Indonesia beberapa waktu lalu.

Hal itu ditegaskan Menteri Agama yang juga Amirul Hajj Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, seusai melaksanakan umrah wajib, di Masjidil Haram, Mekkah, Senin 4 Juli 2022 pagi.

"Kalau travel yang menurut saya tidak menyelenggarakan sesuai dengan apa yang sudah menjadi peraturan, misalnya kemarin kita dengar ada 46 calon jemaah yang dipulangkan kita akan berikan sanksi paling tegas. Mereka tidak oleh mempermainkan nasib orang. Mempermainkan keinginan ibadah orang itu dosa besar. Kita akan berikan sanksi yang tepat untuk mereka," tutur Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima.

Baca juga:

Gunakan Visa Tidak Resmi, 46 Calon Haji di Pulangkan ke Tanah Air

Menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, dia mengimbau agar para jamaah haji Indonesia menjaga kondisi fisik dan kesehatannya.

Seiring berhenti beroperasinya bus shalawat, para jemaah diharapkan tidak memaksakan diri berangkat ke Masjidil Haram dan menjalankan ibadahnya di dekat penginapannya masing masing.

"Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji, para petugas dan jemaah masing-masing tetap bisa menjaga kesehatan dan memperdalam manasik. Apalagi kondisi cuaca di sini tidak seperti di tanah air," kata Yaqut.

Dia mengaku mengikuti informasi seputar penyelenggaraan ibadah haji. Dirinya banyak mendapat informasi terkait kebahagiaan jemaah dalam menjalani ibadah haji.

"Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayanannya pun sangat baik," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X