Kartu Prakerja Gelombang 40 Sudah Dibuka Loh, Begini Cara Daftarnya

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:18 WIB
Ilustrasi (pintek)
Ilustrasi (pintek)

Bekasikinian.com, Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 40 sudah dibuka pada Minggu (7/8/2022). Informasi pembukaan pendaftaran kartu Prakerja Gelombang 40 itu disampaikan pihak manajemen Prakerja melalui akun Instagram @prakerja.go.id. Bagi yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, bisa langsung login Prakerja Gelombang 40. Caranya dengan login ke dasboard prakerja.go.id menggunakan email dan password akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya, klik "Gabung Gelombang" Kartu Prakerja Gelombang 40. Setelah itu, Anda tinggal menunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi Prakerja Gelombang 40 di dashboard.

Sementara bagi yang belum, bisa segera mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 40 melalui laman resmi Prakerja di https://www.prakerja.go.id/.

“Sob! Sob! Sob! GELOMBANG 40 SUDAH DIBUKA! Tepat pukul 12.00 WIB siang ini kamu sudah bisa klik "Gabung Gelombang" untuk ikut seleksi gelombang 40. Langsung masuk ke dashboard akun Kartu Prakerja kamu ya. Buat yang belum daftar, buruan daftar sekarang! Cek panduannya di YouTube 'Kartu Prakerja'!,” tulis akun Instagram resmi @prakerja.go.id, dilansir dari kompas.

Syarat daftar Kartu Prakerja Adapun syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 40 yang harus dipenuhi pendaftar adalah sebagai berikut: WNI berusia 18 tahun ke atas. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara buat akun Prakerja

Cara mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 40 dapat dilakukan melalui laman resmi Prakerja di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Untuk daftar Kartu Prakerja, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu.

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat akun Kartu Prakerja: Buka browser di HP atau laptop Anda. Kemudian, membuat akun di situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Masukkan alamat email dan password yang terdiri dari 6 karakter dan konfirmasi password.

Jangan lupa klik centang pada pernyataan di bawah "ulangi password", kemudian klik Daftar. Buka email notifikasi yang dikirimkan kepada email yang didaftarkan pada situs Prakerja dan melakukan verifikasi. Jika sudah melakukan verifikasi, maka pendaftaran berhasil dan Anda bisa melanjutkan ke proses selanjutnya.

Cara Daftar Kartu Prakerja Jika pembuatan akun selesai, langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard Kartu Prakerja dengan membuka lagi situs www.prakerja.go.id atau login Prakerja. Berikut langkah-langkahnya: Lakukan verifikasi KTP dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, Klik “Lanjutkan”’ Lengkapi data diri. Pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai, Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar, Pastikan mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera HP, Jika data yang dimasukkan sudah sesuai, langkah berikutnya adalah verifikasi nomor HP, Klik “Kirim”, Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP Anda, klik “Verifikasi”, Isi “Pernyataan Pendaftar” sesuai dengan kondisi Anda, Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik “Oke”.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mana Yang Benar, QRIS Dibaca Kris Atau Kyuris

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:30 WIB

Harga Pertalite Akan Turun? Ini Kata Menteri BUMN

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:14 WIB

Tarif PDAM Kembali Jadi Penyumbang Inflasi di Cirebon

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:49 WIB

KPPPA Ungkap Dua Faktor Penyebab Rentan Penculikan

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:35 WIB

Tidak Perlu Teleskop, Begini Cara Melihat Komet ZTF

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:05 WIB

MUI Kecam Bom di Masjid Pakistan

Kamis, 2 Februari 2023 | 11:10 WIB

Vaksin Covid-19 Pfizer Sebabkan Kematian, Benarkah?

Kamis, 2 Februari 2023 | 10:59 WIB

Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan Pada 23 Maret 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 10:07 WIB
X