• Sabtu, 1 Oktober 2022

Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan, Kurangi Stres hingga Relaksasi Otot

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:45 WIB

Bekasikinian.com, Jakarta - Pakar kesehatan dr M Berian Rachmanadi mengatakan bahwa mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu melancarkan peredaran darah.

“Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres,” kata Berian dilansir dari Antara, Selasa (9/8/2022).

Menurut laporan Seen in the City, berendam air panas setelah olahraga membantu merelaksasi otot.

Usai aktivitas, saat mandi air panas maka tubuh mengalami sejumlah perubahan di antaranya sirkulasi darah, temperatur inti tubuh bahkan perubahan kecepatan metabolisme.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika berendam air panas setelah berolahraga mampu meminimalkan risiko kerusakan jaringan elastis.

Orang-orang yang menggunakan bak mandi air panas setelah berolahraga cenderung memiliki lebih sedikit tanda mioglobin dalam darah mereka.

Mioglobin adalah jenis protein yang dilepaskan ke aliran darah setelah kerusakan otot.

Setelah berolahraga, otot perlu didinginkan secara perlahan dan menghindari peradangan. Bersantai di dengan mandi air panas dapat membantu. Ini mengembalikan detak jantung ke normal.

Dalam kesempatan yang sama, Agatha Suci, artis dan pegiat hidup sehat menuturkan bahwa sebagai seorang ibu yang sangat aktif dan banyak kegiatan, meski di tengah masa pandemi seperti ini, stres adalah sesuatu yang tak bisa dihindari.

“Tapi, bisa saya kelola dan siasati dengan rutin mandi dengan air hangat, mandi air hangat tak hanya membuat saya merasa lebih rileks, rutin mandi air hangat sebelum tidur juga mampu membuat kualitas tidur saya jadi lebih baik,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini Harga BBM Pertamax Turun di Bali dan Papua

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 09:30 WIB

Indonesia Menuju Siaran Digital

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:25 WIB

Karena BU, Rizky Billar Jual Diri ke Transgender

Jumat, 30 September 2022 | 16:00 WIB

Tidak Hanya Tante, Rizky Billar juga Simpanan Waria

Jumat, 30 September 2022 | 14:13 WIB

Ini Arti Implikasi Sosial Politik dari insiden G30S PKI

Jumat, 30 September 2022 | 10:55 WIB

BRIN Kembangkan Varietas Padi untuk Atasi Stunting

Jumat, 30 September 2022 | 07:49 WIB

Lesty Billar Laporkan Rizky Billar Dugaan KDRT

Kamis, 29 September 2022 | 17:52 WIB
X