• Rabu, 7 Desember 2022

Pasca 11 Tahun Stop, Indonesia Kirim Lagi Pekerja Migran ART ke Arab Saudi

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:35 WIB
Pasca 11 Tahun Stop, Indonesia Kirim Lagi Pekerja Migran ART ke Arab Saudi
Pasca 11 Tahun Stop, Indonesia Kirim Lagi Pekerja Migran ART ke Arab Saudi

Bekasikinian, Jakarta – Indonesia akan kirim lagi pekerja migran Asisten Rumah Tangga (ART) ke Arab Saudi setelah selama 11 tahun dihentikan. Hal itu kemungkinan dilakukan usai kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi dalam pilot project Sistem Penempatan Satu Kanal.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, menyatakan kesepakatan tersebut ditandatangani di Bali pada Kamis (11/8/2022). Dalam kesepakatan itu, Ida menyebut ada enam posisi pekerjaan yang disepakati untuk pekerja migran Indonesia (PMI).

Baca juga:

Saudi Beri Penghargaan Indonesia Atas Layanan Haji di Bandara

"Indonesia dan Arab Saudi menyepakati Technical Arrangements yang berfungsi sebagai pengaturan teknis pilot project Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK) secara terbatas bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Melalui kesepakatan ini, ada 6 pekerjaan yang dapat ditempati oleh PMI di Arab Saudi," kata Ida Fauziyah.

Secara spesifik keenam pekerjaan yang diatur dalam perjanjian kerja sama itu, antara lain Housekeeper (ART), Babysitter (Perawat bayi), Family Cook (Juru masak), Elderly Caretaker (Perawat lansia), Family Driver (Pengemudi keluarga), dan Child Care (Penjaga anak-anak).

Mengutip media Arab Saudi, Saudi Gazette, yang menyoroti diizinkannya kembali pengiriman pekerja migran Indonesia untuk bidang asisten rumah tangga (ART). Posisi itu adalah salah satu dari enam bidang kerja yang dituangkan dalam kesepakatan.

"Kesepakatan Arab Saudi-Indonesia membuka jalan bagi dimulainya kembali perekrutan asisten rumah tangga (ART) setelah jeda 11 tahun," tulis media tersebut.

Seementara itu, yang menandatangani kesepakatan di antara kedua pemerintah tersebut. Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah dan Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Ketenagakerjaan Arab Saudi, Abdullah Abuthunain. (MM)

Baca juga:

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

Aktivitas Gunung Semeru Kembali Meningkat

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:53 WIB

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X