• Rabu, 30 November 2022

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang dan Leher secara Alami

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:44 WIB

Bekasikinian.com, Jakarta - Dokter umum sekaligus kreator konten kesehatan, dr Firdausyi Ayunda, menuturkan bahwa sakit nyeri pinggang dan leher bisa diobati secara alami. Sakit pinggang, kata Firdausyi, biasanya menyerang punggung bagian samping dan bawah.

“Ada dua tipe penderita sakit pinggang, yaitu merasakannya terus menerus dan sebagian lagi hilang timbul. Sementara itu, sakit leher bisa menyerang bagian kiri, kanan, depan, ataupun leher belakang,” tuturnya dilansir dari Antara.

“Kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Apalagi kursi yang diduduki kurang nyaman dan salah posisi duduk. Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami sakit pinggang karena membawa tas punggung cukup berat,” ujarnya.

Kebiasaan sehari-hari memang menjadi faktor utama yang memunculkan rasa sakit. Namun, kata Firdausyi, di sisi lain ada hal lainnya yang meningkatkan risiko seperti, kurang berolahraga, berat badan berlebih atau obesitas, sudah memasuki usia 30 tahun


“Setiap orang bisa merasakan gejala yang berbeda ketika menderita sakit pinggang, tergantung faktor penyebabnya,” katanya.

Gejala yang biasa dirasakan adalah pinggang kaku, pegal, atau seperti ditusuk, nyeri menjalar bermula dari pinggang sampai ke selangkangan dan alat kelamin, nyeri menjalan bermula dari pinggang sampai ke bokong dan kaki, tungkai seperti mati rasa atau lemas

Kekurangan nutrisi pada sistem saraf dan tulang, memberikan dampak besar terkait masalah punggung.

Sementara itu, rasa sakit pada bagian leher disebabkan oleh adanya kelainan atau gangguan pada jaringannya.

Antara lain, otot leher yang menegang karena terlalu lama menunduk dan membungkuk, kerusakan sendi leher akibat osteoarthritis, saraf kejepit, cedera karena jatuh dari ketinggian, kecelakaan lalu lintas, atau pukulan mengenai wajah. (sy)

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X