• Senin, 28 November 2022

Konsumsi Ikan Mampu Turunkan Resiko Penyakit Jantung

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:34 WIB
Bekasikinian.com - ilustrasi serangan jantung
Bekasikinian.com - ilustrasi serangan jantung

Bekasikinian.com, Jakarta - Mengkonsumsi berbagai jenis ikan yang memenuhi standar dinilai mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Guru besar Bidang Ilmu Bioteknologi Produk Perikanan dan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya Prof Dr Asep Awaludin Prihanto mengemukakan kondisi ini jika ikan yang dikonsumsi sesuai standar nutrisi (gizi), modern dan higienis.

Selain itu, lanjutnya, dengan mengkonsumsi ikan juga bisa mencegah (preventif) terhadap risiko penyakit lainnya serta mampu menghidrolis peredaran darah.

Hanya saja, katanya, produk-produk perikanan secara komprehensif hingga saat ini masih belum menunjukkan perbaikan atau inovasi-inovasi yang lebih bagus dari sebelumnya. Contohnya, produk ikan pindang atau terasi, dari masa ke masa tidak ada perubahan, termasuk fermentasinya.

“Produk perikanan yang diproduksi secara tradisional tingkat pencemarannya cukup tinggi, kualitasnya tidak stabil, sehingga rasanya kadang enak kadang tidak enak, bahkan nilainya tidak berubah,” katanya.

Dengan kondisi itu, katanya, menandakan inovasi bidang perikanan perlu sentuhan untuk mengangkat performa dan kualitasnya agar manfaat yang didapat para pelaku usaha perikanan bisa lebih besar.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperbaiki agar produksi perikanan lebih meningkat, yakni perbaikan proses dengan memanfaatkan mikroorganisme yang ada dalam produk tersebut, sekaligus mempercepat proses pembentukan dari mikroorganisme ke enzim.

Selain itu, perbaikan mutu dan efisiensi. Contohnya kalau dulu orang makan produk perikanan sakit perut, ke depan dengan produk fermentasi dan memanfaatkan mircoorganisme harus lebih enak, lebih nyaman, karena memanfaatkan bakteri asam yang juga dimanfaatkan untuk yogurt. (sy)

 

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X