• Selasa, 29 November 2022

Ini Tips Merawat Gigi Biar Sehat, Silahkan Dicoba

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:20 WIB
dokter gigi sedang mengobati pasien  (unsplash)
dokter gigi sedang mengobati pasien (unsplash)

Bekasikinian.com, Jakarta - Sebagai rongga pertama pada saluran pencernaan, mulut dapat menjadi pintu masuk bakteri patogen. Namun, jika Anda  merawat  gigi  dengan baik, Anda dapat meminimalkan invasi bakteri berbahaya ini.

 “Mulut  adalah rongga pertama. Jadi jika Anda memiliki masalah pencernaan, seperti setelah pemeriksaan gigi, dokter gigi Anda biasanya akan mengetahui kesehatan Anda secara keseluruhan,” kata dokter gigi Klinik Rata Dr Gita Caesaria.

 Ia menyebutkan beberapa tips perawatan mulut

Agar rongga mulut tetap terjaga dengan baik, Gita menyarankan bahwa hal utama yang tidak bisa diabaikan adalah menyikat gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

Saat menyikat gigi, pastikan sikat gigi yang Anda gunakan memiliki bulu  lembut dan halus yang dapat masuk ke sela-sela gigi Anda. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan "merah putih" atau dari gusi ke gigi.

 "Pasti merah putih. Karena gusi  ada naik turunnya, jangan dipukul mendatar. Oleh karena itu, perlu dimulai dari gusi dan kemudian menyikat ke  bawah jika Anda menyikat gigi atas dan sebaliknya. Jadi gusi disikat tapi ke arah yang benar,” kata Gita.

 “Dua menit sudah cukup. Dia melanjutkan.

Baca Juga: Buah yang Dapat Putihkan Gigi Secara Alami

Gita juga menyarankan untuk mengurangi penggunaan tusuk gigi dan menggantinya dengan benang gigi atau dental floss. Ini untuk mencegah cedera yang bisa menyebabkan infeksi gusi, katanya.

 Juga, bagi Anda yang tidak bisa berhenti minum kopi dan teh setiap hari, Gita merekomendasikan minum melalui sedotan agar cairannya tidak bersentuhan langsung dengan gigi Anda sehingga warnanya tetap ada.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X