Kemenkumham Bantu Daftarkan Hak Cipta Lagu Ojo Dibandingke

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:29 WIB
Farel Prayoga lagu Ojo Dibandingke Abah Lala (Foto Instagram)
Farel Prayoga lagu Ojo Dibandingke Abah Lala (Foto Instagram)

Bekasikinian.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membantu mendaftarkan hak cipta lagu Ojo dibandingkan dengan lagu Abah Lala

Ojo Dibandingke kembali populer terutama setelah Farel Prayoga menyanyikannya pada upacara kemerdekaan RI ke-77 di Istana Merdeka pada 17 Agustus lalu. Namun, hak cipta lagu tersebut belum terdaftar sebagai karya Agus Purwanto atau biasa dikenal dengan Abah Lala.

Melihat hal tersebut, Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (DJKI Kemenkumham) berinisiatif membantu Abah Lala mendaftarkan hak cipta lagu hitsnya.

Pada hari Kamis (18 Agustus), Menkumham Yasonna H. Laoly mengumumkan bahwa ia telah mengkonfirmasi hak cipta atas lagu Ojo Dibandingke dengan nomor EC00202254505. Jenis kreatif adalah lagu musik dengan teks.

Baca Juga: Viral Bawakan Lagu Ojo Dibandingke, Farel Prayoga dan Abah Lala Jadi Duta Kekayaan Intelektual

Pendaftaran hak cipta ini akan membantu Abah Lala menerima royalti atas lagu Ojo Dibandingke. Bahkan beberapa tahun setelah kematiannya di masa depan, hak cipta lagu ini akan tetap dikumpulkan oleh keluarga Abah Lala.

“Abah Lala memiliki peran yang sangat sentral. Jika tidak diciptakan oleh Abah Lala, Farel tidak bisa menyanyikan Ojo Bandingkan. Pendaftaran hak cipta ini berlaku selama pencipta masih hidup, selama 70 tahun setelah pencipta meninggal. Jadi selamanya," kata Yasonna.

Baca Juga: Kaget, Farel Prayoga Ternyata Punya Pacar Lima

Pada saat yang sama, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyerahkan surat pendaftaran dengan nomor EC00202254496 dan berjudul "Tampil Sebagai Penyanyi Anak Pada Perayaan HUT ke-77 Hari Kemerdekaan di Istana Negara"

 Ini bukan satu-satunya yang diterima Farel dari Kementerian Hukum dan HAM Bocah asal Banyuwangi Jawa Timur ini dinobatkan sebagai duta kekayaan intelektual seni mahasiswa sastra tahun 2022.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kementerian BUMN Buka Bazar UMKM untuk Indonesia 2023

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:04 WIB

Menag Kutuk Aksi Pembakaran Alquran di Swedia

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:27 WIB

Ria Ricis Ingin Sekolahkan Moana ke Mesir

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:31 WIB

Kabar Baik!! Harga Emas Antam Turun

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:38 WIB
X