• Rabu, 30 November 2022

Mie Gacoan Tak Bisa Disertifikasi halal, Ini Alasannya

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 12:50 WIB
Mie Gacoan tak bisa disertifikasi halal, namanya haram (Instagram/@mie.gacoan)
Mie Gacoan tak bisa disertifikasi halal, namanya haram (Instagram/@mie.gacoan)

 

Bekasikinian.com, Jakarta - Mie Gacoan saat ini merupakan makanan yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia terutama kalangan anak Muda. Namun, belakangan ini terdengar kabar mie ini belum tersertifikasi halal.

Walau belum tersertifikasi halal, namun ada juga yang menyebut Mie Gacoan ini tetap halal dikonsumsi, hanya saja makanan ini tidak bisa disertifikasi halal.

Alasan Mie Gacoan tak dapat disertifikasi halal lantaran terdapat nama menu di makanan ini yang mengandung unsur haram karena gunakan nama setan.

Baca Juga: Kamu Penggemar Udang Keju Cemilannya Mie Gacoan? Ini Dia Tipsnya

Nama menu-menu yang berunsur haram antara lain: mie setan, mie iblis, es genderewo, es tuyul, es pocong, dan es sundel bolong.

Melansir dari Instagram halalcorner pada 22 Agustus 2022, ada surat dalam Al-Qur’an serta dalil yang menjadi petunjuk terkait hal tersebut.

“Dia mengahalalkan yang thayyibat untuk mereka, dan Dia mengharamkan al-Khabaits.” (QS. Al-A’raf: 157)

Serta ada fatwa Islam yang berbunyi:

“Menyebut sesuatu yang Allah halalkan dengan menggunakan istilah sesuatu yang Allah benci, perbuatan semacam ini termasuk meremehkan aturan Allah dan tidak menggunakan hukum-hukumnya. Dan ini bertentangan dengan sikap taqwa kepada Allah.” (Fatwa Islam, no. 23475).

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X