• Rabu, 30 November 2022

Melalui Seni Dan Budaya Kemenag Sebarkan Paham Moderat

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:07 WIB
Melalui Seni Dan Budaya Kemenag Sebarkan Paham Moderat
Melalui Seni Dan Budaya Kemenag Sebarkan Paham Moderat

 

Bekasikinian.com, Jakarta – Melalui pengenalan seni dan buadaya, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin mendukung para jajarannya untuk terus menyebarkan moderasi beragama kepada masyarakat.

"Seni dan budaya merupakan salah satu strategi menyampaikan pesan dakwah dan paham keagamaan moderat. Pendekatan seni dan budaya terbukti mendatangkan kebaikan dan kemaslahatan bersama," ungkap Kamaruddin saat membuka Workshop Penggalian Potensi Seni dan Budaya Islam di Jakarta, Senin (22/8/2022).

Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yaitu membawa cinta kepada alam semesta. Seni dan budaya adalah alat dan sarana yang menyampaikan pesan kebaikan, kerukunan dan kedamaian, tambahnya. "Sebagai warga bangsa mari gali potensi seni dan budaya Islam untuk saling menghormati, menghargai, dan mencintai," tambah Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar ini.

Baca Juga: TMII Direnovasi, Jokowi Minta Tidak Perlu Memahalkan Tarif

Ia menambahkan, penyampaian pesan dakwah melalui seni akan lebih mudah diterima oleh masyarakat luas karena seni adalah bahasa universal. "Seni merupakan bahasa universal yang bisa digunakan lintas agama, lintas budaya, dan lintas etnis. Semua orang suka dan cinta terhadap seni meski dengan tingkat sensitivitas dan naluri yang berbeda," terangnya.

Kasubdit seni, budaya dan siaran keagamaan Islam Sayid Alwi Fahmi mengatakan pihaknya tertarik untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap seni dan budaya Islam. Tujuannya untuk melatih seniman muda muslim yang berwawasan pantangan agama.

"Melalui seni dan budaya, Islam disebarkan tanpa kekerasan," kata Sayid.
Workshop menggali potensi seni budaya Islam ini mempertemukan perwakilan mahasiswa dari berbagai kampus di Jabodetabek. Selama tiga hari kegiatan, peserta mendapatkan pelatihan dari pakar budaya, seniman, dan pakar media digital. (nb)

 

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X