• Rabu, 30 November 2022

Penyebab Gempa Mentawai, Subduksi Lempeng Megathrust

- Senin, 29 Agustus 2022 | 13:40 WIB
gempa Mentawai (BMKG)
gempa Mentawai (BMKG)

Bekasikinian.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan parameter pembaruan magnitudo 6,1 di Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Yang menjadi penyebab gempa di Kepulauan Mentawai Sumbar ini dipengaruhi aktivitas subduksi lempeng segmen Megathrust Mentawai-Siberut, hal tersebut dijelaskan oleh pelaksana tugas Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono.

Daryono melaporkan episenter gempa terletak pada koordinat 0,99° LS ; 98,53° BT.

Baca Juga: Jenis-Jenis Gempa Berdasarkan Penyebabnya, Ada Yang Buatan Manusia Lho

Gempa berlokasi di laut pada jarak 12 kilometer (km) arah Barat Laut Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, pada kedalaman 24 km.

"Gempa merupakan kelanjutan aktivitas gempa yang terjadi sebelumnya pada pukul 00.04 WIB dengan M 4,9 dan pukul 05.34 WIB dengan M 5,8," kata Daryono, Senin, 29 Agustus 2022.

Baca Juga: BMKG: Gempa Bali Tapi Tidak Berpotensi Tsunami

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng segmen Megathrust Mentawai-Siberut.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Daryono. (sy)

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X