• Selasa, 29 November 2022

Wajib Disimak! Ini Info Lengkap tentang BLT Subsidi BBM Jelang Pertalite Naik

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 22:59 WIB
Wajib Disimak! Ini Info Lengkap tentang BLT Subsidi BBM Jelang Pertalite Naik
Wajib Disimak! Ini Info Lengkap tentang BLT Subsidi BBM Jelang Pertalite Naik

Bekasikinian.com - Di tengah kabar Pertalite naik, Presiden Joko Widodo menginstruksikan para menterinya untuk menyalurkan BLT subsidi BBM. Instruksi tersebut langsung disampaikan Presiden saat memimpin rapat terbatas pada Senin (29/8/2022).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani yang bertindak sebagai bendahara negara menyampaikan langsung hasil rapat terbatas tersebut ke publik.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa BLT subsidi BBM diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga secara global. Total BLT subsidi BBM yang disalurkan mencapai Rp24,17 triliun.

Baca Juga: Wagub Jabar: Nikah dan Poligami Solusi Tangkal HIV/ AIDS

"Total bantalan sosial yang tadi ditetapkan oleh Bapak Presiden untuk bisa dieksekusi mulai dilakukan pada minggu ini adalah sebesar Rp24,17 triliun. Ini diharapkan akan bisa mengurangi tentu tekanan kepada masyarakat dan bahkan mengurangi kemiskinan," ujar Sri Mulyani.

Menkeu mengatakan BLT subsidi BBM ini terdiri dari tiga jenis yaitu BLT melalui Kementerian Sosial (Kemensos), BLT Subsidi Gaji Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan subsidi sektor transportasi oleh Pemerintah Daerah.

BLT subsidi BBM yang disalurkan Kemensos memiliki anggaran Rp12,4 triliun dengan target 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Rencananya mulai disalurkan per 1 September 2022 dengan nominal Rp300 ribu.

Baca Juga: Viral! Beredar Video Seorang Wanita Pakai Baju Nakes Sebutkan Gejala Gangguan Jiwa, Bikin Netizen Panik

Kemudian BLT Subsidi Gaji di Kemenaker anggarannya sejumlah Rp9,6 triliun. BLT Subsidi Gaji tersebut akan menyasar 16 juta tenaga kerja dengan penghasilan maksimal Rp3,5 juta per bulan. Para penerima manfaat akan menerima BSU Rp600 ribu.

Halaman:

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X