• Rabu, 7 Desember 2022

Apabila Ada Aksi BBM, Pangdam Jaya Siap Bantu Polda Metro Jaya Dalam Jaga Keamanan

- Kamis, 1 September 2022 | 18:11 WIB
Pangdam Jaya (Ist)
Pangdam Jaya (Ist)

Bekasikinian.com, JakartaPangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto mengatakan, pihaknya siap membantu Polda Metro Jaya menjaga keamanan terhadap tren kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan diumumkan pemerintah pusat dalam waktu dekat. Hal itu disampaikannya di sela-sela rapat koordinasi pengamanan sebelum aksi unjuk rasa tentang harga BBM.

"Dari Kodam sendiri didasarkan pada keadaan yang telah disampaikan Kapolda tadi, adanya kemungkinan penyesuaian atau pengalihan subsidi pemerintah menjadi bantalan sosial tentu saja kita setiap saat mengantisiapsi itu semuanya," ujar Untung Budiharto, di Aula Soedirman, Kodam Jaya Jayakarta, Jakarta Timur, Kamis (1/9).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Bongkar 131 Kasus Perjudian

Selain itu, Untung mengatakan, pihaknya juga telah menyusun rencana kontinjensi terkait kemungkinan hal tersebut terjadi di wilayah DKI Jakarta. Antara lain, melakukan tindakan preventif dengan mengadakan sosialisasi yang akan dilakukan oleh seluruh sensor mulai dari tingkat Kodam, Koramil, Kodim hingga Korem untuk menyebarkan berita mengapa harga BBM pemerintah naik.

Baca Juga: Polda Jabar Tangkap Sindikat Penyelundupan Gas Elpiji Bersubsidi

"Kita sendiri secara makro apabila terjadi beberapa masyarakat yang ingin menyampaikn aspirasi kita akan menjaga, mendukung Kapolda untuk memberikan keamanan kepada mereka agar aspirasi tersampaikan dengan baik," ungkap Untung.

Hal senada juga disampaikan Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin. Menurut dia, salah satu hal yang bisa terjadi karena adanya aksi unjuk rasa adalah karena kenaikan harga BBM. Namun, dia berharap pengajuan tersebut bisa dilakukan dengan tertib. Menjaga status DKI Jakarta tetap kondusif dan nyaman.

Arifin juga menegaskan, pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya akan mengawal semua proses kebijakan dari pemerintahan. Termasuk kebijakan kenaikan harga BBM yang mungkin akan diumumkan pemerintah pusat dalam waktu dekat.

"Apabila ada hal-hal yang mungkin nanti ada masyarakat yang menyampaikan pandangan dan juga aspirasi kita berharap disampaikan dengan cara-cara yang baik," harap Arifin. (nb)

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivitas Gunung Semeru Kembali Meningkat

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:53 WIB

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB
X