• Rabu, 30 November 2022

Aplikasi Tiktok di Android Rawan Dibajak

- Minggu, 4 September 2022 | 15:13 WIB
Aplikasi Tiktok di Android Rawan Dibajak
Aplikasi Tiktok di Android Rawan Dibajak

Bekasikinian.com, Jakarta – Rawannya aplikasi TikTok Android yang ditemukan oleh Microsoft dapat memungkinkan hacker/peretas membajak jutaan. Pada Rabu, tim 365 Defender Research perusahaan merinci eksploitasi satu klik yang diinformasikan TikTok pada Februari.

Kabar baiknya adalah perusahaan media sosial segera menambal kerentanan dan Microsoft mengatakan tidak memiliki bukti seseorang menggunakannya. 

Kami memberi mereka informasi tentang kerentanan dan berkolaborasi untuk membantu memperbaiki masalah ini. TikTok merespons dengan cepat dan kami memuji resolusi yang efisien dan profesional dari tim keamanan, kata Tanmay Ganacharya dari Microsoft, dikutip Engadget, Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga: Viral! Oknum Pegawai Berseragam Pemkot Asyik Bikin Video TikTok

Tapi Microsoft juga menemukan cara untuk melewati proses verifikasi yang dilakukan TikTok untuk membatasi tautan untuk menghindari dalam melakukan tindakan tertentu. Kemudian mereka menemukan bahwa kerentanan itu digunakan untuk mengakses semua fungsi utama akun, termasuk kemampuan untuk memposting konten dan mengirim pesan kepada pengguna TikTok lainnya.

Kerawanan yang ada didalam aplikasi TikTok melibatkan pengawasan dengan fungsi tautan dalam aplikasi tersebut menurut keterangan dari Microsoft. Jika di Android, pengembang dapat memprogram aplikasi mereka untuk menangani URL tertentu dengan cara tertentu. Misal, ketika Anda mengetuk sematan Twitter di Chrome dan aplikasi Twitter secara otomatis terbuka di ponsel Anda sebagai hasilnya itu adalah contoh fitur tautan dalam yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Microsoft juga menyarankan kepada semua pengguna TikTok di Android untuk mengunduh versi yang terbaru sesegera mungkin, keran dengan hal tersebut dapat melindungi pengguna TikTok itu sendiri di masa mendatang dari eskploitasi serupa dengan tidak sembarangan dalam mengklik tautan yangb tidak jelas. (nb)

Baca Juga: Irit Bicara Soal Kasus Seleb TikTok, Aston Hotel Kena Denda Rp 17 Juta

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X