• Selasa, 29 November 2022

Sembilan Kabupaten di NTB Tetapkan Status Siaga Bencana Kekeringan

- Rabu, 7 September 2022 | 21:05 WIB
kekeringan (ist)
kekeringan (ist)

Bekasikinian.com, Jakarta - Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (MTB) mengatakan sembilan dari 10 kabupaten dan kota di provinsi itu menetapkan status siaga bencana kekeringan.

Kepala BPBD NTB Sahdan mengatakan dua diantaranya sudah meningkatkan statusnya menjadi tanggap darurat kekeringan, yakni Kabupaten Lombok Timur dan Sumbawa.


“Mungkin, juga akan menyusul Kabupaten Bima sama Lombok Tengah. Kelihatannya seperti itu. Kalau tidak ada hujan beberapa hari ke depan pasti menyusul, karena kondisinya luar biasa,” ujar Sahdan di Mataram, Rabu.

Ia menjelaskan sampai saat ini jumlah desa yang terdampak kekeringan sebanyak 296 desa dari 74 kecamatan. Sedangkan jumlah penduduk yang terdampak sebanyak 500 ribu jiwa dari 100 ribu kepala keluarga (KK).

“Jadi, dari sembilan kabupaten dan kota itu total wilayah yang terdampak ada 74 kecamatan dan 296 desa. Sementara total KK 100 ribu sekian dan 500-an ribu jiwa,” ujarnya.

Baca Juga: Bales Ridwan Kamil, Pepen Sebut Kas Daerah Mau 'Kering'

Untuk mengatasi dampak kekeringan tersebut, BPBD NTB bersama kabupaten dan kota telah melakukan langkah-langkah, salah satunya dengan mendistribusikan air bersih ke wilayah yang terdampak kekeringan.

“Penanganan sekarang jangka pendek saja, seperti distribusi air bersih. Jumlah yang didistribusikan bervariasi. Sekarang Lombok Timur bukan saja BPBD yang turun, tetapi juga Dinas Sosial setempat. Yang jelas penanganan kekeringan ini jangan sampai masyarakat menderita, karena kebutuhan air cukup banyak,” ucap mantan Kepala Dinas PUPR NTB ini.

Baca Juga: 3 Tips Ampuh Atasi Kulit Kering, Semua Dari Bahan Alami

Disinggung apakah sudah ada daerah yang menggunakan dana belanja tidak terduga (BTT), mengingat minimnya anggaran yang tersedia akibat pandemi COVID-19, Sahdan mengatakan di NTB baru dua daerah yang menggunakan, yakni Kabupaten Lombok Timur dan Sumbawa.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X