• Selasa, 29 November 2022

Menteri ESDM: Harga BBM Akan Turun Jika Masyarakat Dapat Menghemat Energi

- Jumat, 9 September 2022 | 23:26 WIB
Menteri ESDM: Harga BBM Akan Turun Jika Masyarakat Dapat Mengehamat Energi
Menteri ESDM: Harga BBM Akan Turun Jika Masyarakat Dapat Mengehamat Energi

Bekasikinian.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif saat ini sudah meminta kepada masyarakat agar dapat menghemat penggunaan energi. Dalam hal ini, Arifin juga mengatakan bahwa harga BBM jenis Pertalite nantinya bisa turun ke depannya.

Arifin menjelaskan, dalam melakukan penghematan energi dapat memberikan banyak manfaat, seperti bisa mengurangi biaya pengeluaran dan bisa juga mengurangi emisi. Untuk itu Arifin menghimbau kepada masyarakat agar dapat mengurangi penggunaan pertalite dari 3 liter menjadi 2 liter.

"kita Bisa coba dengan menerapkan kesadaran untuk menghemat energi. Gimana caranya, yang biasa harus keluar bensin 3 liter, bisa dilakukan hanya 2 liter saja," kata Arifin, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: Imbas Harga BBM Naik, Erick Thohir Akan Pastikan Pegawai BUMN Naik Gaji

Arifin mengungkapkan, harga Pertalite saat ini bisa dipatok dengan harga Rp 10 ribu per liter. Untuk kedepannya ada kemungkinan harga Pertalite akan turun. Penurunan ini asalkan harga minyak dunia terus mengalami tren penurunan. 

"Nanti kita lihat (tren harga ICP), kalau harga minyak membaik, insyaallah (harga Pertalite turun)," katanya.

Terkait pembatasan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah masih akan melakukan pembahasan. Ia menyebutkan bahwa ada beberapa pilihan kebijakan. Hanya saja, pemerintah masih terus mempertimbangkan untuk memutuskan kebijakan yang akan diambil.

"Jadi sekarang sedang dibahas karena ada beberapa opsi. tentu pertimbangannya sangat dalam, kita juga mengidentifikasi harus dengan teliti," ujar Arifin. (YIC)

Baca Juga: Kemenaker Mengaku Tak Tahu Soal Kenaikan Harga BBM: Kami Tidak Tahu Infonya

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X