• Rabu, 7 Desember 2022

Kemenkes Telah Menerbitkan Aturan Rekam Medis Elektronik

- Jumat, 9 September 2022 | 23:41 WIB
Kemenkes Telah Menerbitkan Aturan Rekam Medis Elektronik
Kemenkes Telah Menerbitkan Aturan Rekam Medis Elektronik

Bekasikinian.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah menerbitkan aturan Rekam Medis elektronik untuk dapat diterapkan diseluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Fasyankes yang dimaksud ini mulai dari klinik kecil hingga rumah sakit.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan Kemenkes RI Setiaji mengungkapkan bahwa, aturan Rekam Medis elektronik tertuang melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Regulasi ini merupakan pembaruan dari aturan sebelumnya, Permenkes Nomor 269/MENKES/PER/III/2008.

Pembaruan regulasi ini dilakukan untuk demi bisa menyesuaikan dengan kondisi terkini sekaligus dapat mendukung enam pilar transformasi kesehatan yang tengah digulirkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yang merupakan salah satunya transformasi teknologi kesehatan.

"Kami sudah melakukan penggantian (regulasi) dari peraturan yang lama Nomor 269/MENKES/PER/III/2008. Setelah 14 tahun, aturan tersebut tentunya sangat tidak mengikuti pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi saat ini," kata Setiaji pada Jumat, (9/9/2022).

"Untuk itu, kami melakukan perubahan terhadap regulasi ini agar dapat mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan pada saat ini dengan mengeluarkan PMK Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Regulasi ini tentunya akan sangat mendukung adanya rencana transformasi teknologi kesehatan kita yang ada pada enam pilar, yakni transformasi teknologi kesehatan."

Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis ini yang sudah ditandatangani Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin tertanggal 31 Agustus 2022. Dapat ditegaskan dalam Permenkes, bahwa Rekam Medis elektronik adalah salah satu subsistem dari sistem informasi fasyankes yang dapat terhubung dengan subsistem informasi lainnya di fasyankes. (YIC)

Baca Juga: Awas! Kemenkes Ungkap Ada Jenis Cacar Monyet yang kalian Harus Hindari

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivitas Gunung Semeru Kembali Meningkat

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:53 WIB

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB
X