• Selasa, 29 November 2022

Ganti Nama Kota Tua jadi Batavia, Berikut Penjelasan Anies

- Minggu, 11 September 2022 | 15:37 WIB
Ganti Nama Kota Tua jadi Batavia, Berikut Penjelasan Anies
Ganti Nama Kota Tua jadi Batavia, Berikut Penjelasan Anies

Bekasikinian.com, Jakarta – Telah dibuka kembali kawasan wisata Kota Tua yang diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Sabtu, 10 September 2022. Anies juga mengembalikan penamaan kawasan Kota Tua menjadi Batavia.

"Jadi ini adalah pembukaan kembali kawasan Kota Tua Jakarta. Kawasan Kota Tua ini kita namai kawasan Batavia sebagaimana nama aslinya dulu. Ini adalah Batavia," ujar Anies di Plaza Beos, Kawasan Kota Tua, Jakarta.

Anies juga mengklaim Kota Tua saat ini sedang dirancang ulang menjadi kawasan wisata masa depan, menurutnya mengubah nama Kota Tua menjadi Batavia agar dapat kembali diingat sebagai Batavia seperti di masa lalu.

Baca Juga: Pastikan Seluruh Proyek DKI Jakarta Didampingi Kejaksaan, Anies Baswedan: Pemeriksaan Menyita Waktu dan Energi

"Namanya Batavia mencerminkan masa lalu, tapi konsepnya mencerminkan kota modern masa depan. Itu yang sedang dibangun di tempat ini," tuturnya.

Pada keterangannya juga Anies menegaskan penerapan Kota Tua sebagai zona emisi rendah yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun dan akan terus dipertahankan sampai kedepan. Hal itu, kata dia, juga telah didukung dengan konversi jalan yang tadinya untuk kendaraan bermotor menjadi jalur bagi pejalan kaki dan sepeda.

Selanjutnya, Anies mengatakan bahwa kedepannya wisata Kota Tua juga akan terintegrasi dengan moda transportasi seperti Microtrans dan MRT, karenanya ia berharap kepada seluruh pengunjung akan merasakan perjalanan lintas waktu saat berkunjung ke Kota Tua

"Kita berharap nantinya warga datang ke sini bisa menikmati perjalanan kota ini lintas waktu. Hampir 400 tahun keberadaan tempat ini, bangunan bangunannya berusia cukup panjang," ucapnya.

"Jadi perjalanan ke sini adalah sebuah perjalanan merasakan masa lalu tetapi konsepnya konsep yang modern," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X