• Rabu, 30 November 2022

Disetujui DPR, Negara Kucurkan PMN Hingga Rp15 Triliun untuk BUMN

- Sabtu, 24 September 2022 | 16:00 WIB
Disetujui DPR, Negara Kucurkan PMN Hingga Rp15 Triliun untuk BUMN
Disetujui DPR, Negara Kucurkan PMN Hingga Rp15 Triliun untuk BUMN

Bekasikinian.com, Jakarta - Salah satu misi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat sekaligus berkontribusi pada APBN. Optimalisasi dilakukan melalui mekanisme Penyertaan Modal Negara (PMN).

PMN dapat diperoleh dalam bentuk dana tunai dari cadangan pembiayaan investasi dan transfer barang milik negara. Terkait hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri rapat kerja dengan Komisi XI DPR pada Jumat (23/9/2022).

Sri Mulyani mengatakan ada tiga PMN tunai senilai Rp15,5 triliun dari cadangan pembiayaan investasi APBN 2022. Penerimanya adalah Garuda Indonesia, Hutama Karya dan Badan Bank Tanah.

Garuda Indonesia dan Hutama Karya masing-masing akan menerima PMN senilai Rp7,5 triliun. Sementara itu, Badan Bank Tanah akan menerima PMN Rp500 miliar.

Baca Juga: Presiden Terlama di Dunia dari Guinea Ekuatorial Siap Maju Lagi di Pilpres ke Enam

PMN kepada Garuda Indonesia bertujuan untuk membantu maskapai milik negara pulih dari masalah utang yang besar. Sementara itu, Hutama Karya akan menggunakan dana PMN untuk melanjutkan pembangunan Tol Trans Sumatera.

Hutama Karya sendiri mencatatkan rekor sebagai BUMN penerima PMN terbesar dalam setahun. Hutama Karya akan menerima total Rp 31,3 triliun dalam PMN pada 2022.

Selain itu, pemerintah juga melakukan PMN melalui pengalihan BMN yaitu kepada PT Bio Farma (Persero), Hutama Karya, AirNav Indonesia, Perum PPD, PT VTP dan PT ASDP Indonesia Ferry.

Baca Juga: Profil Yosep Parera, Pengacara Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Jadi Tersangka Kasus Suap Hakim Agung

Halaman:

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X