• Selasa, 29 November 2022

Penemuan Baru Harta Karun di Proyek MRT, Ada Saluran Air dan Jembatan Glodok Kuno!

- Minggu, 25 September 2022 | 02:16 WIB
Penemuan Baru Harta Karun di Proyek MRT, Ada Saluran Air dan Jembatan Glodok Kuno!
Penemuan Baru Harta Karun di Proyek MRT, Ada Saluran Air dan Jembatan Glodok Kuno!

Bekasikinian.com, Jakarta - Penemuan harta karun di proyek MRT Jakarta terus bertambah. Saluran air dan struktur jembatan kuno dari Kota Tua Batavia baru-baru ini ditemukan di beberapa sudut proyek MRT Jakarta.

Beberapa penemuan besar terjadi di kawasan Glodok dan Kota Tua. Dua penemuan terbesar di kawasan tersebut persis di depan gedung Tea House Pantjoran.

Bahkan, menurut tim arkeologi kontraktor MRT Jakarta Junus Satrio Atmodjo, ribuan harta karun justru telah ditemukan.

"Wah banyak ada ribuan, tapi kecil-kecil, pecahan-pecahan keramik, potongan pipa banyak sekali. Karena kecilnya sampai nggak bisa kita ambil jadi sampel, karena tak bisa kita analisis," ungkap Junus kepada wartawan pada saat meninjau temuan saluran air kuno di proyek MRT Jakarta

Baca Juga: Ini Sosok Gildas Deograt Lumy, White Hacker yang Siap Bantu Tangkap Bjorka.

Dua temuan terakhir cukup besar, yaitu struktur saluran air dan jembatan tua di kota tua Batavia. Harta karun itu ditemukan pada akhir tahun 2021 dan baru diperkenalkan ke publik baru-baru ini.

Saluran air kuno yang ditemukan itu pernah menjadi sistem pasokan air bersih kota Batavia pada abad ke-18, yang juga dikenal sebagai waterleiding. Saluran air tersebut mengalirkan air bersih melalui kolam air ke Benteng Batavia, sekarang menjadi Area Museum Fatahilah.

Menurut Junus Satrio Atmodjo, saluran air itu hanya mengalirkan air ke masyarakat di dalam Benteng Batavia. Junus memperkirakan ada sekitar 9.000 hingga 10.000 orang, termasuk orang Belanda dan masyarakat lokal.

Dalam paparan Junus dijelaskan bahwa program VOC pada 1730 meramalkan lingkungan perkotaan yang kotor sehingga memasok air bersih dari Batavia selatan. Salah satunya melalui pembentukan saluran air kuno ini.

Halaman:

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X