• Rabu, 7 Desember 2022

Tidak Sembarangan, Ini Syarat Bisa Ganti Plat Nomor Kendaraan Jadi Warna Putih

- Rabu, 28 September 2022 | 01:59 WIB
Tidak Sembarangan, Ini Syarat Bisa Plat Nomor Kendaraan Jadi Warna Putih
Tidak Sembarangan, Ini Syarat Bisa Plat Nomor Kendaraan Jadi Warna Putih

 

Bekasikinian.com - Plat nomor kendaraan bermotor (TNKB) untuk kendaraan pribadi yang sebelumnya berwarna hitam diganti menjadi putih oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri).

Meski aturan terkait plat nomor kendaraan diganti jadi warna putih sudah diteken sejak 2021. Penerapannya dilakukan secara bertahap mulai 2022 hingga berlaku sepenuhnya pada 2027.

Dalam proses penggantian plat nomor kendaraan menjadi putih diprioritaskan untuk wilayah Kepolisian Daerah (Polda) yang sudah kehabisan material bahan plat nomor hitam.

Kemudian kendaraan keluaran baru tahun 2022 juga akan diprioritaskan untuk mendapat plat nomor kendaraan putih bila ketersediaan bahan warna hitam sudah habis.

Baca Juga: Tiktok Digugat ke PN Bekasi, Oh Ternyata Gegara Ini

Selanjutnya syarat untuk bisa mengganti plat nomor kendaraan jadi warna putih adalah melakukan proses perpanjangan TNKB yang biasa dilakukan setiap lima tahun sekali.

Oleh karena itu pemilik kendaraan bermotor yang belum memasuki masa waktu perpanjangan TNKB tidak perlu khawatir bila plat nomor kendaraannya masih warna hitam.

Pasalnya bila pengendara kedapatan merubah warna plat nomor kendaraan jadi putih dengan cara dicat sendiri akan berpotensi mendapat teguran dari polisi lalu lintas.

Baca Juga: Vivi Jovita, Model yang Keseksiannya Buat Ibu - Ibu Jadi Insecure

Halaman:

Editor: Asroi Baihaqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivitas Gunung Semeru Kembali Meningkat

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:53 WIB

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB
X