• Rabu, 7 Desember 2022

Lima Negara Asia Tenggara yang diperkirakan Lolos Dari Resesi

- Kamis, 29 September 2022 | 13:21 WIB
Ilustrasi Keindahan Indonesia
Ilustrasi Keindahan Indonesia

Bekasikinian.com, Jakarta - Lima negara dikatakan keluar dari ambang resesi pada 2023, ketika ekonomi dunia sedang lesu.

Dunia diperkirakan akan mengalami resesi tahun depan, dipicu oleh inflasi yang tinggi, memaksa bank sentral untuk menaikkan suku bunga acuan mereka cukup tinggi dan cepat. Perang antara Rusia dan Ukraina adalah pemicu utama gangguan rantai pasokan, membuat inflasi melonjak.

Namun, seperti diungkapkan Asian Development Bank (ADB), beberapa negara, terutama di kawasan Asia, khususnya di Asia Tenggara, masih cukup kuat menghadapi resesi tahun depan.


Di Asia Tenggara, ADB memperkirakan rata-rata pertumbuhan ekonomi pada 2023 berada pada kisaran 5 persen. Perkiraan ini lebih rendah dari 5,2 persen yang dikeluarkan sebelumnya oleh ADB. Namun, ini adalah pertumbuhan yang tinggi dibandingkan dengan perkiraan Bank Dunia untuk pertumbuhan dunia.

Baca Juga: Kawasan Asia Tmur Siaga, Ancaman Konflik Terbuka

Negara-negara di Asia Tenggara berikut ini diperkirakan akan tetap makmur dan mempertahankan pertumbuhan yang tinggi pada tahun 2023, menurut data ADB:

1. Vietnam

ADB memperkirakan tingkat pertumbuhan ekonomi Vietnam akan mencapai 6,7% tahun depan. Dalam laporan terbarunya yang dirilis pada September tahun ini, ADB mengungkapkan bahwa ekonomi Vietnam telah berkinerja baik di tengah ketidakpastian ekonomi global.

"Rantai pasokan pangan global yang pulih akan meningkatkan produksi pertanian tahun ini, tetapi biaya input yang tinggi masih akan menghambat pemulihan sektor pertanian," kata laporan ADB.

2. Filipina

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivitas Gunung Semeru Kembali Meningkat

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:53 WIB

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB
X