• Jumat, 2 Desember 2022

3 Oktober Mendatang, Polri Gunakan Sistem ETLE Untuk Penilangan di Jalan

- Kamis, 29 September 2022 | 13:30 WIB
Besaran denda tilang jika tidak bawa SIM di jalan raya.
Besaran denda tilang jika tidak bawa SIM di jalan raya.

Bekasikinian.com, Jakarta - Korlantas Polri mengatakan tidak akan menggunakan tiket manual selama Operasi Zebra 2022 yang akan berlangsung selama dua minggu dari 3 Oktober hingga 16 Oktober mendatang.

Kapolsek Ren Ops Bagops Korlantas AKBP Agung Nugroho mengatakan mekanisme penegakan hukum mengandalkan teknologi Electronic Traffic Enforcement (ETLE) Polri yang sudah aktif di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga: Tamat! Ferdy Sambo Bakal Dipecat Tidak Terhormat dari Instansi Polri

"Operasi Zebra tahun ini telah melarang penilangan manual, penilangan dilakukan menggunakan sistem ETLE statis dan mobile begitupun teguran simpatik," katanya.

ETLE statis mengandalkan kamera yang dipasang di jalan umum. Sementara itu, ETLE mobile mengacu pada kamera yang dipegang oleh petugas polisi saat bertugas di tempat kejadian, termasuk mobil patroli.

Baca Juga: Polri Bantah Adanya Temuan Bunker Rp 900 Miliar di Kediaman Ferdy Sambo

Fungsi dari kamera tersebut adalah untuk merekam pelanggaran, yang kemudian diverifikasi terhadap plat nomor sebelum dikirim ke pemiliknya. Foto atau video dapat digunakan sebagai bukti untuk menuntut pelanggar jika berbagai persyaratan terpenuhi. (sy)

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X