• Jumat, 2 Desember 2022

BRIN Kembangkan Varietas Padi untuk Atasi Stunting

- Jumat, 30 September 2022 | 07:49 WIB
Sorgum Miliki Banyak Kelebihan Dibanding Beras, Ini Penjelasannya
Sorgum Miliki Banyak Kelebihan Dibanding Beras, Ini Penjelasannya

Bekasikinian.com, Jakarta - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan varietas padi bernutrisi tinggi dengan penambahan unsur gizi untuk mengatasi stunting.

Stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak di mana anak tidak tumbuh tinggi seperti anak usianya akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang.

Peneliti BRIN, Untung Susanto, menuturkan bahwa perakitan varietas padi bernutrisi tinggi terus dilakukan menggunakan teknologi konvensional maupun modern secara kolaboratif, integratif, dan berkelanjutan, guna meningkatnya kualitas hidup masyarakat Indonesia.

BRIN melakukan penelitian perbaikan gizi pada padi menggunakan teknologi biofortifikasi untuk meningkatkan kandungan gizi mikro seperti zinc, besi, provitamin A, kandungan antosianin pada beras hitam dan beras merah, serta riset teknologi pendukung peningkatan gizi padi.

Teknologi biofortifikasi merupakan upaya intervensi untuk meningkatkan konsentrasi zat gizi mikro pada bahan pangan, sejak dari pembudidayaan tanaman.

Bofortifikasi pada padi bisa efektif meningkatkan mutu padi sehingga mendukung pemenuhan kebutuhan gizi dan mencegah stunting. (Sy)

 
 

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X