• Jumat, 2 Desember 2022

Ini Arti Implikasi Sosial Politik dari insiden G30S PKI

- Jumat, 30 September 2022 | 10:55 WIB
Rakyat Tuntut bubarkan PKI (ist)
Rakyat Tuntut bubarkan PKI (ist)

Bekasikinian.com, Jakarta - Peristiwa G30S PKI tahun 1965 berlangsung pada sore hari hingga dini hari, yang kebetulan berakhir pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965. Kampanye tersebut menyasar para perwira senior TNI Angkatan Darat saat itu.

Tiga dari enam target tewas seketika di kediamannya. Sementara yang lainnya diculik dan dibawa ke Lubangbuaya, Jakarta Timur.

Peristiwa G30S PKI mengakibatkan tewasnya enam perwira tinggi TNI, yaitu Letjen Ahmad Yani, Mayjen Raden Soeprapto, Mayjen Siswando Parman, Mayjen Mas Tirtodarmo Hayono, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo dan Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjtan.

Baca Juga: BSU 2022 Cair Hari Ini Senin 12 September, Cek di Bank Himbara

Gerakan 30 September 1965 dipimpin oleh pemimpin terakhir PKI, DN Aidit. Mengutip Api Sejarah 2 karya Ahmad Mansur Suryanegara, menurut Arnold C. Brackman, DN Aidit mendukung gagasan Khrushchev yang adalah "Jika semuanya bergantung pada komunisme, kami akan mengikuti jalan perdamaian."

Pandangan ini dikatakan bertentangan dengan gagasan bahwa Mao Zedong dan Stalin menyatakan bahwa komunisme berkembang melalui perang.

Tujuan utama dari G30S PKI adalah untuk menggulingkan pemerintahan Sukarno dan menggantikan Indonesia sebagai negara komunis. Seperti yang kita ketahui bersama, PKI dikatakan memiliki lebih dari 3 juta anggota. Ini menjadikan mereka Partai Komunis terbesar ketiga di dunia setelah China dan Uni Soviet.

Baca Juga: Guru dan Siswa Masih Alami Trauma, SDN Kota Baru II Perpanjang Libur Hingga 12 September

Implikasi sosial politik G30S PKI
1. Secara politis, lahirnya peta rezim baru, yaitu Tentara AD.

2. Pada bulan Desember 1965, PKI telah bubar sebagai kekuatan politik di Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X