• Jumat, 2 Desember 2022

Indonesia Menuju Siaran Digital

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:25 WIB
Dalam Peningkatan Sektor Digital Diharapkan Adanya Kerja Sama Indonesia dengan Filipina
Dalam Peningkatan Sektor Digital Diharapkan Adanya Kerja Sama Indonesia dengan Filipina

JAKARTA – Indonesia siap menuju siaran digital. Saat ini 90 wilayah layanan sudah disiapkan infrastruktur multipleksing, sehingga masyarakat setempat sudah bisa beralih ke siaran televisi digital.

Kementerian Kominfo memantau jumlah Lembaga Penyiaran yang sudah melakukan migrasi ke siaran digital atau simulcast yaitu 566 dari 693 pemegang izin siaran analog.

Untuk 22 wilayah layanan yang belum mendapat siaran digital, saat ini sedang dilakukan pembangunan multipleksing oleh LPP TVRI melalui pembiayaan negara. Sehingga, dalam waktu dekat masyarakat di daerah-daerah tersebut segera akan mendapatkan siaran digital.

Baca Juga: Terkait Kebocoran Data, Kominfo: Ini Bukan Tugas Kominfo Tapi BSSN, Cek Tugas dan Fungsi BSSN

Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengingatkan masyarakat, khususnya yang berada di wilayah terdampak Analog Switch Off (ASO) yang belum memiliki televisi siaran digital, diharapkan memasang perangkat Set Top Box (STB) agar dapat menerima siaran digital.

Bagi masyarakat miskin yang memiliki TV analog sejak Maret tahun lalu, provider multipleks membagikan dekoder gratis yakni LPP TVRI dan enam lembaga penyiaran swasta (LPS) yakni MNC Group, Media Group, SCM-EMTEK Group, Viva Group, Trans Media Group, RTV Group dan Nusantara TV.

Baca Juga: Kominfo Kena Bully Netizen Lagi, 1,3 Miliar Data Kartu SIM Telepon Indonesia Bocor

Menyikapi pembagian alat dekoder gratis, pemerintah bersama LPP dan organisasi LPS MUX akan mengawal pendistribusian dekoder kepada rumah tangga miskin dengan berkoordinasi erat dengan petugas lapangan.

 “Selanjutnya, Pokja akan mengawal seluruh proses migrasi TV analog ke digital untuk memulai siaran TV digital penuh di Indonesia,” kata Menkominfo.

sosialisasi ASO sebagai komitmen LPP dan LPS terus diperkuat agar masyarakat dapat lebih memahami jenis-jenis TV yang dimiliki Indonesia dan manfaat siaran TV digital. Banyak stasiun saat ini menyiarkan siaran simulcast, analog dan digital di beberapa wilayah. (sy)

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X