• Jumat, 2 Desember 2022

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Sejarah dan Makna

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:10 WIB
Monumen Pancasila Sakti (Kemdikbud)
Monumen Pancasila Sakti (Kemdikbud)

Bekasikinian.com, Jakarta - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Peringatan tersebut bertujuan untuk menegaskan bahwa Pancasila adalah ideologi utama bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Enam jenderal dan satu perwira menjadi korban pembantaian di hari tersebut. Lalu bagaimana sejarah Hari Kesaktian Pancasila? Apa perbedaan antara Hari Kesaktian Pancasila dan hari lahir Pancasila?

Sebagai anak negara, sudah menjadi kewajiban untuk mengetahui sejarah ideologi Pancasila ini. Berikut Tafsir Hari Kesaktian Pancasila yang dirangkum dari berbagai sumber:

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila tidak terlepas dari gerakan pemberontakan PKI atau disingkat G30S/PKI pada tanggal 30 September. Oleh karena itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan pada hari kedua peringatan G30S/PKI.

Pada awalnya, perayaan Hari Kesaktian Pancasila hanya dilakukan oleh militer. Kini, Hari Kesaktian Pancasila menjadi salah satu hari nasional yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Laporan dari laman Tribanews Polri menyebutkan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila dimulai pada 1 Oktober, diawali dengan SK Menteri Jenderal/Panglima Angkatan Darat Suharto pada 17 September 1966.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Koramil 01/ Tambun Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Gelar Lomba Pidato

Surat tersebut menyatakan bahwa pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila harus dilaksanakan oleh seluruh slagorde (pasukan) tentara dan termasuk generasi dan masyarakat lainnya.

Peringatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia akan peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI) dan agar peristiwa serupa tidak terulang kembali. Pada tanggal 1 Oktober 1966, peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang pertama diadakan di lubang buaya, Jakarta.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X