• Jumat, 2 Desember 2022

Menko PMK: Prioritaskan Penanganan Warga Terdampak Gempa Cianjur

- Senin, 21 November 2022 | 20:47 WIB
Menko PMK (ist)
Menko PMK (ist)

Bekasikinian.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pemerintah daerah memberikan prioritas kepada warga Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat yang terdampak gempa 5,6 SR.

“Prioritas diberikan kepada korban, antara lain korban selamat, korban luka, dan korban meninggal dunia,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Ia juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi daerah lainnya melakukan operasi tanggap bencana secara intensif.

“Bagi warga yang masih hidup harus disiapkan tempat penampungan di tempat yang aman, warga yang luka atau terluka segera diberikan pengobatan dan perawatan, dan warga yang meninggal harus segera dievakuasi, diidentifikasi dan dimakamkan sesuai ketentuan,” ujarnya.

Baca Juga: Menjaga Sejarah, Museum Muhammadiyah di Yogyakarta Diresmikan Menko PMK

Menko PMK menambahkan, tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Sosial telah turun ke lokasi untuk memberikan bantuan malam ini.

"Saya juga akan melakukan perjalanan ke lokasi pada Selasa (22/11) pagi untuk mencapai lokasi," ujarnya.

Sementara itu, Letnan Jenderal (Purn) Sudirman, Wakil Sekretaris Bidang Pemerataan Pembangunan Daerah dan Koordinasi Penanggulangan Bencana, meminta Pemkab Cianjur segera menetapkan keadaan darurat bencana untuk mendukung fasilitasi penanggulangan bencana.

Baca Juga: Menko Perekonomian Yakini Pemulihan Ekonomi Indonesia Stabil pada 2022

"Pemerintah daerah diharapkan segera menetapkan keadaan darurat bencana untuk menghadapinya," katanya. (sy)

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X