• Jumat, 2 Desember 2022

Lebih Dekat dengan Tarung Derajat, Seni Bela Diri Asli Jawa Barat

- Selasa, 22 November 2022 | 12:10 WIB
Tarung Drajat (ultimagz )
Tarung Drajat (ultimagz )

Bekasikinian.com, Jakarta - Tarung Derajat adalah seni bela diri full body contact asli Indonesia yang diciptakan dan dirintis oleh Achmad Dradjat asal Kota Bandung, Jawa Barat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada 1960-an di Bandung.

Sebelum dikenal sebagai nama tarung derajat, bela diri ini dinamakan boxer. Namun, setelah melewati beberapa pertimbangan, bela diri boxer berganti nama menjadi tarung derajat.

Tarung Derajat dideklarasikan di Bandung pada 18 Juli 1972 oleh Achmad Dradjat, yang biasa dipanggil Aa Boxer. Ia bergelar Sang Guru Tarung Derajat.

“Box!” adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat dijuluki sebagai “boxer”. Sementara praktisi tarung derajat disebut “petarung”.

Nilai filosofi Tarung Derajat adalah melindungi diri dari perbuatan yang tidak bermoral dan tidak manusiawi, serta untuk merebut, menegakkan, dan meningkatkan kehormatan diri sendiri dan keluarga.

Baca Juga: KCD Jabar III: Kami Dukung Pelajar se Kota Bekasi Deklarasi Anti Tawuran

Para petarung memiliki jiwa dan perilaku yang tidak menyombongkan diri. Mereka terkesan seperti orang yang penurut dengan sikapnya yang tunduk demi menghindari keangkuhan. Hal tersebut tergambar dalam semboyan Tarung Derajat: “Aku ramah bukan berarti takut. Aku tunduk bukan berarti takluk.”

Saat ini, Tarung Derajat sudah menjadi olahraga bela diri wajib di berbagai institusi pemerintahan seperti TNI, Polri serta Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Bahkan, di Markas Komando Armada II TNI Angkatan Laut di Surabaya terdapat Satuan Latihan Khusus Tarung Derajat.

Seni bela diri ini juga telah diresmikan menjadi bagian dari olahraga nasional oleh KONI pada 1997. Sejak tahun 2000, tarung derajat masuk dalam cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON), serta dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS).

Tarung derajat juga telah diperkenalkan pada SEA Games 2011 di Palembang. Dan, tengah berjuang agar bisa dipertandingkan pada Sea Games XXXII 2023 di Kamboja.

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X