• Jumat, 2 Desember 2022

Jokowi Instruksikan Buka Akses Daerah Terisolasi Akibat Gempa Cianjur

- Selasa, 22 November 2022 | 20:29 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi tenda pengungsian di Taman Prawatasari yang menjadi tempat tinggal sementara (Biro setpres)
Presiden Joko Widodo mengunjungi tenda pengungsian di Taman Prawatasari yang menjadi tempat tinggal sementara (Biro setpres)

Bekasikinian.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas bersama jajarannya, Selasa (22/11) di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur, Taman Prawatasari, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Dalam rapat mendadak itu, Jokowi menginstruksikan jajarannya untuk segera membuka daerah terisolasi.

"Pertama kalau perlu pakai helikopter ya pakai helikopter. Kalau tidak bisa pakai darat ya pakai helikopter," kata Jokowi mengutip siaran pers Istana.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan anak buahnya untuk segera memperbaiki infrastruktur publik dan bangunan tempat tinggal yang terdampak gempa. Upaya tersebut dilakukan setelah situasi aman dan tenang.

"Kemudian ketika tenang, mereda dan (perbaikan infrastruktur) segera dimulai," katanya.

Sementara itu, untuk para pasien di rumah sakit, Jokowi meminta dibangun tenda darurat untuk menampung korban luka.

“Kalau untuk darurat, tambah tenda saja,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rumah sakit darurat di pelataran pendopo.

"Kami sedang membangun rumah sakit darurat di halaman pendopo, masih banyak orang yang khawatir dirawat di gedung itu," kata Ridwan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Suharyanto, Direktorat Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Turut hadir dalam pertemuan itu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangkostrad Letnan Suntana dan Bupati Cianjur Herman Suherman. (sy)

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Cianjur Catat 2000 Pengungsi Terserang ISPA

Rabu, 30 November 2022 | 06:51 WIB

Tim Sar Masih Cari Korban Gempa Cianjur di 3 Lokasi

Selasa, 29 November 2022 | 16:31 WIB
X