• Senin, 28 November 2022

Islamic Insurance Society Gelar Wisuda Ajun Ahli dan Ahli Asuransi Syariah dan Seminar Ekonomi Hijau

- Jumat, 25 November 2022 | 17:11 WIB
IIS gelar wisuda
IIS gelar wisuda

Bekasikinian.com, Jakarta - Tujuan Indonesia menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia pada tahun 2024 harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya insani (SDI) dan kompetensi tenaga ahli. SDI dan tenaga ahli berperan penting dalam menentukan arah  ekonomi dan keuangan syariah ke depan, termasuk juga dari sektor asuransi syariah.

Oleh karena itu, sebagai sebuah perkumpulan ahli asuransi syariah, Islamic Insurance Society (IIS) hadir untuk berperan dalam memenuhi kebutuhan SDI yang berkualitas dan besertifikasi serta membantu memajukan industri perasuransian syariah.

Pada hari Rabu, 23 November 2022, IIS telah menyelenggarakan Wisuda IV. Acara prosesi wisuda ditandai dengan  pembacaan janji wisudawan  dan wisudawati, pengalungan medali keahlian, dan pemberian sertifikat oleh Pengurus IIS.

Dalam wisuda kali ini, Pengurus IIS mewisuda 22 orang ahli asuransi syariah dengan gelar profesi Fellow of the Islamic Insurance Society (FIIS) dan 65 orang ajun ahli asuransi syariah yang menyandang gelar  profesi Associate of the Islamic Insurance Society (AIIS).

Baca Juga: Realisasi RKAT IZI Telah Sesuai dengan Norma Kepatuhan Syariah

Dengan demikian, sampai dengan saat ini, alumni IIS saat ini terdiri dari 61 orang tingkat ahli, 471 orang tingkat ajun ahli, dan 2.416 orang video, pengembangan SDI perasuransian syariah merupakan faktor fundamental bagi pengembangan perasuransian syariah. IIS berkomitmen untuk secara konsisten melaksanakan pengembangan SDI sebagaimana dimaksud pihak regulator tersebut.

Dalam perjalanan selama 19 tahun yang jatuh tepat pada hari ini,  IIS telah banyak melakukan pelatihan dan sertifikasi. Selama tahun 2022, IIS telah menyelenggarakan 8 sesi pelatihan tingkat dasar (basic) yang diikuti 205 peserta, 2 sesi pelatihan tingkat ajun ahli (56 peserta), dan 1 sesi pelatihan tingkat ahli (16 peserta).

Baca Juga: BSI Gandeng PP Muhammadiyah Perkuat Inklusi & Penetrasi Keuangan Syariah

Tidak hanya itu, pelaksanaan workshop, uji swakelola, literasi dan edukasi melalui perguruan tinggi, KNEKS, komunitas,  dan juga media sosial telah dilakukan IIS  guna berperan aktif dalam mendorong kemajuam industri perasuransian syariah. IIS juga bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Perasuransian Syariah (LSP PS) guna memastikan bahwa anggota IIS memiliki kompetensi sebagaimana diatur dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) maupun Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di bidang perasuransian khususnya perasuransian syariah. (Sy)

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pengungsi Mengambil Air Selokan Untuk Berwudhu

Minggu, 27 November 2022 | 08:17 WIB

Walikota Medan Saksikan Mou BWI Medan dan FOZ Sumut

Minggu, 27 November 2022 | 07:24 WIB

Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Sabtu, 26 November 2022 | 07:36 WIB
X