Pengamat: Indonesia Masih Aman dari Ancaman Resesi Global 2023

- Sabtu, 26 November 2022 | 12:42 WIB
Bekasikinian.com - resesi
Bekasikinian.com - resesi

Bekasikinian.com, Jakarta - Mantan Kepala Dewan Pertimbangan Presiden yang juga ekonom senior Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Sri Adiningsih, mengatakan bahwa Indonesia memiliki daya tahan dalam menghadapi ancaman resesi global tahun 2023.

“Indonesia masih memiliki daya tahan yang terjaga. Meskipun agak gelap sedikit, tapi kita masih punya harapan,” ujar Sri Adiningsih pada webinar nasional bertema Antisipasi Resesi Global 2023: Kasus Indonesia.

Menurut Sri, Indonesia masih mempunyai pangsa pasar ekonomi yang besar yang bisa dikapitalisasi sehingga dapat menjadi modal besar dan bisa dimanfaatkan agar tak terpuruk dalam resesi global 2023.

Mantan Menristek/mantan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro, menjelaskan bahwa dampak pelemahan ekonomi global di negara-negara maju kini sudah terasa.

Baca Juga: MKI Babeh Haikal Salurkan Donasi Korban Gempa Cianjur Melalui Jurnalis Filantropi Indonesia

Namun, hal tersebut tidak akan berdampak besar untuk negara menengah, seperti Indonesia. Meski begitu, resesi bakal membuat komoditas ekspor Indonesia sedikit terganggu.

“Indonesia harus pintar menahan pelemahan global yang akan terjadi. Untuk Indonesia menyambut 2023, kalau ternyata pertumbuhan ekonomi melambat maka yang harus dijaga adalah inflasi supaya tetap terkendali,” ucap Bambang.

Ia menambahkan, kemampuan pemerintah Indonesia mengendalikan nilai inflasi pangan akan menjaga imbas buruk bagi kelompok ekonomi menengah ke bawah dan menambah angka kemiskinan.

Pada kesempatan sama, pemerhati isu strategis Universitas Indonesia, Chudry Sitompul, mengatakan bahwa ekonomi dan politik saling memengaruhi satu sama lain.

Baca Juga: Gerai Mie Gacoan di Bogor Terancam Dibongkar

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ria Ricis Ingin Sekolahkan Moana ke Mesir

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:31 WIB

Kabar Baik!! Harga Emas Antam Turun

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:38 WIB

Pemerintah Siapkan 537 Milyar untuk Hunian IKN

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:00 WIB

Gambia Jadi Tuan Rumah KTT OKI, Menlu: Kami Setuju

Rabu, 25 Januari 2023 | 22:38 WIB
X